Thursday, September 28, 2017

Penjelasan Singkat Siklus Krebs

Advertisement

Siklus krebs adalah proses menghasilkan energi yang terjadi pada mitokondria organisme eukariotik dari sumber asam piruvat yang hasilnya adalah  ATP, NADH, dan FADH2.

Dalam artikel ini saya tidak akan menjelaskan siklus ini secara panjang lebar, tapi saya berusaha menjelaskan se-sederhana mungkin agar mudah dipahami oleh pembaca.

Siklus krebs adalah salah satu tahapan dalam respirasi aerob yaitu suatu proses untuk menghasilkan energi yang dalam prosesnya membutuhkan oksigen. Sumber energi atau bahan yang digunakan dalam respirasi aerob adalah glukosa yang akan diproses melalui 3 tahapan yaitu glikolisis, siklus krebs, dan transpor elektron.

Dalam tahap glikolisis, 1 molekul glukosa akan diubah menjadi 2 molekul asam piruvat. Nah asam piruvat inilah yang nantinya akan menjalani siklus krebs untuk menghasilkan energi.

Proses Siklus Krebs

Sebelum mulai masuk siklus krebs, asam piruvat harus diubah dulu menjadi asetil co-A dalam proses yang disebut dekarboksilasi oksidatif. Intinya proses ini asam piruvat akan berikatan dengan koenzim A sehingga hasil akhirnya adalah asetil co-A. Dalam proses ini juga akan dihasilkan NADH.


dekarboksilasi oksidatif
Proses dekarboksilasi oksidatif

Setelah terbentuk asetil co-A barulah akan dimulai siklus krebs yang berlangsung berulang-ulang sehingga dinamakan sebuah siklus. Oke ...penjelasan singkat siklus ini adalah sebagai berikut.
  • Asetil co-A akan berikatan dengan oksaloasetat dan terbentuk sitrat.
  • Sitrat akan diubah menjadi isositrat.
  • Isositrat akan diubah menjadi α-ketoglutarat (dibaca alfa ketoglutarat), langkah ini menghasilkan 1 NADH.
  • α-ketoglutarat akan diubah menjadi suksinat, langkah ini akan menghasilkan 1 NADH dan 1 ATP.
  • Suksinat akan diubah menjadi fumarat, langkah ini menghasilkan 1 FADH2.
  • Fumarat akan diubah menjadi malat.
  • Dan malat akan diubah menjadi oksaloasetat lagi dengan menghasilkan pula 1 NADH.
  • Oksaloasetat yang terbentuk akan bereaksi dengan asetil co-A yang baru memasuki siklus krebs.

siklus krebs
Proses siklus krebs

Siklus akan terus berulang dari awal hingga terbentuk oksaloasetat yang baru dan berikatan lagi dengan asetil co-A.

Hasil Siklus Krebs

Proses dekarboksilasi oksidatif dan siklus krebs akan menghasilkan energi dalam bentuk dan jumlah sebagai berikut:


Dari dekarboksilasi oksidatif
  • 1 NADH
Dari siklus krebs
  • 3 NADH, 1 FADH2, dan 1 ATP

Namun perlu diingat bahwa 1 glukosa dalam glikolisis akan dipecah menjadi 2 molekul asam piruvat oleh karena itu akan terbentuk 2 molekul asetil co-A. Sehingga hasil dari siklus krebs lengkap untuk 1 molekul glukosa adalah:

Dari dekarboksilasi oksidatif
  • 2 NADH
Dari siklus krebs
  • 6 NADH, 2 FADH2, dan 2 ATP

ATP yang dihasilkan dapat langsung digunakan sebagai sumber energi (perlu diingat bahwa ATP adalah molekul penyimpan energi). Sedangkan NADH dan FADH2 yang dihasilkan dari siklus krebs akan menuju tahap transpor elektron untuk kemudian diubah menjadi ATP.

Dalam tulisan di atas memang tidak saya jelaskan secara lengkap tentang enzim yang bekerja maupun hasil sampingan seperti CO2 karena akan membuat situasi makin rumit hahaha. Tapi bila pembaca tertarik ingin tahu siklus krebs secara lebih mendetail silakan klik tautan di bawah ini..

Proses dan Tahapan Siklus Krebs

0 komentar

Post a Comment