Wednesday, July 27, 2016

Tumbuhan-Tumbuhan Paling Beracun

Advertisement

Banyak tumbuhan di dunia yang mengandung zat kimia tertentu yang berbahaya bagi manusia. Tumbuhan-tumbuhan itu kadang banyak terdapat di sekitar kita, namun kita tidak menyadari dampak bahaya yang dapat ditimbulkannya. Banyak orang sakit atau meninggal karena tidak sengaja makan bagian tumbuhan yang mengandung racun. Beberapa hanya mengandung racun pada bagian tertentu dari tumbuhan tersebut, namun ada juga yang keseluruhan tubuhnya mengandung beracun. Berikut ini adalah beberapa tumbuhan beracun yang dapat mengakibatkan kematian apabila dimakan manusia.

Aconitum napellus
Tumbuhan yang dalam bahasa inggris disebut sebagai monkshood ini dikenal sebagai tumbuhan paling beracun di dunia. Racunnya dapat memicu detak jantung melemah dan menyebabkan gagal jantung hingga berakhir kematian. Bagian paling beracun adalah akarnya, namun daun, bunga, dan bagian lainnya juga dapat menyebabkan kematian.

aconitum napellus
Aconitum napellus
 
Heracleum mantegazzinum

Banyak orang meninggal karena tidak sengaja memakan tumbuhan yang dalam bahasa inggris disebut giant hogweed. Tumbuhan ini menghasilkan racun untuk melindungi dirinya dari hewan-hewan herbivora, serangga, dan mikroorganisme. Bila kulit terkena cairan tumbuhan ini kemudian terkena cahaya matahari akan menyebabkan rasa terbakar yang menyakitkan.

Heracleum mantegazzinum
Heracleum mantegazzinum

Ricinus communis
Tumbuhan ini banyak terdapat di sekitar tempat tinggal kita dan biasa disebut jarak pagar. Jarak pagar banyak ditanam sebagai tanaman hias ataupun diambil bijinya sebagai bahan baku biodisel. Bagian yang sangat beracun justru pada biji keras tersebut. Orang dewasa yang mengunyah dan menelan 5 biji jarak akan meninggal, anak-anak hanya butuh 1 biji untuk menyebabkan kematian. Menelan biji tanpa mengunyah tidak berakibat buruk karena biji ini dilapisi kulit tebal dan keras yang tidak dapat dicerna sistem pencernaan manusia.

Ricinus communis
Ricinus communis

Hippomane mancinella
Disebut sebagai apel mini yang mematikan, tumbuhan ini bahkan juga berbahaya bila disentuh. Getah tumbuhan ini dapat menyebabkan iritasi kulit, membakar tumbuhan ini akan menghasilkan asap yang dapat menyebabkan kebutaan sementara dan gangguan pernapasan. Namun kematian baru akan terjadi apabila secara sengaja atau tidak sengaja memakan buah kecil yang mirip apel.


Hippomane mancinella
Hippomane mancinella

Berhati-hatilah dengan tumbuhan asing yang ada di sekitar kita, karena kita tidak tahu apa yang terkandung di dalamnya. Jangan asal memakan tumbuhan yang kita temukan, walaupun tampilannya sangat menarik dan aromanya sangat lezat. Banyak kematian terjadi karena kejadian asal makan tumbuhan yang dikira aman, namun ternyata mengandung racun yang berbahaya.

0 komentar

Post a Comment