Monday, July 11, 2016

Berkenalan dengan Famili Pipidae Katak

Advertisement

Pipidae adalah famili katak primitif yang memiliki tubuh pipih, tidak seperti katak lain yang umumnya bertubuh gempal. Katak ini hidup di Afrika dan Amerika Selatan, namun satu jenis dapat hidup di Indonesia, yaitu Xenopus laevis. Terdapat 4 genus dan 41 jenis katak yang masuk dalam famili ini.

Ciri utama pipidae adalah tubuhnya yang pipih secara dorsoventral dan tidak memiliki lidah. Kaki belakangnya berselaput untuk mempermudah pergerakan di dalam air. Katak ini tetap memiliki garis lateral hingga dewasa, garis lateral digunakan untuk mendetaksi pergerakan dan tekanan air di sekitarnya. Katak ini tidak memiliki pita suara, namun dapat menghasilkan suara dari bagian khusus di larinknya.

pipa pipa
Katak Suriname (Pipa pipa)

Pipidae lebih banyak menghabiskan waktu di dalam air. Mereka menghasilkan suara untuk menarik pasangan kawinnya yang dapat didengar oleh lawan jenisnya di dalam air. Katak ini memiliki pendengaran khusus yang memudahkannya mendeteksi suara dalam air. Pipidae akan kawin di dalam air dengan melakukan pergerakan-pergerakan khusus dan mengeluarkan telurnya dalam air. Beberapa spesies akan meletakkan telur pada punggung katak betina dan si betina akan menjaganya hingga menetas.

Katak Suriname (Pipa-pipa) merupakan pipidae yang sangat terkanal karena keunikannya dalam berkembang biak. Betina akan bertelur dan dengan di bantu si jantan akan meletakkan telur di punggung betina. Telur-telur tersebut kemudian akan dibungkus dengan selaput kulit untuk menjaga telur dan embrio di dalamnya. Bagian paling menarik dalam reproduksi ini adalah ketika katak-katak kecil keluar bersama-sama dari lubang di punggung betina untuk hidup bebas di alam liar.

0 komentar

Post a Comment