Thursday, January 7, 2016

Sistem Pernapasan Burung

Advertisement

Burung merupakan hewan berdarah panas yang dibekali dengan kemampuan untuk terbang tinggi (untuk kebanyakan burung). Kemampuan terbang ini membuat sistem pernapasan burung agak berbeda dengan hewan berdarah panas lain. Terbang merupakan aktivitas yang membutuhkan banyak energi yang diperoleh dari metabolisme dengan bantuan O2. Oleh karena itu, saat terbang burung membutuhkan lebih banyak O2 dibandingkan ketika melakukan aktivitas lain. Untuk membantu mencukupi kebutuhan akan O2, burung memiliki organ tambahan yang disebut pundi-pundi udara (kantong udara).

Burung memiliki 9 buah kantong udara sebagai berikut.
  • 2 buah kantong udara di leher
  • 1 buah kantong udara di antara tulang selangka
  • 2 kantong udara di dada depan
  • 2 kantong udara di dada belakang
  • 2 kantong udara di perut

Kantong udara burung berbentuk seperti balon yang mengembang ketika terisi udara. Kantong udara tersebut memiliki fungsi sebagai berikut.
  • Membantu pernapasan burung
  • Membantu memperkeras suara
  • Menjaga suhu tubuh tetap optimal
  • Pada burung yang berenang, dapat mempengaruhi daya apung burung tersebut

Burung memiliki mekanisme pernapasan yang unik. Untuk menyelesaikan sekali siklus, burung harus melakukan 2 kali inspirasi (menghirup udara) dan 2 kali ekspirasi (menghembuskan udara). Meksnisme pernapasan yang terjadi pada burung membutuhkan bantuan dari kantong udara. Jalannya proses pernapasan adalah sebagai berikut.
  1. Inspirasi pertama, udara akan mengisi kantong udara posterior (belakang)
  2. Ekspirasi pertama, kantong udara posterior berkontraksi sehingga memompa udara menuju paru-paru
  3. Inspirasi kedua, udara mengalir melewati paru-paru dan menuju kantong udara anterior (depan)
  4. Ekspirasi kedua, kantong udara anterior berkontraksi memompa udara keluar dari tubuh.
pernapasan burung
Aliran udara dalam sistem pernapasan burung

Struktur paru-paru burung juga berbeda dengan mamalia, burung tidak memiliki alveolus sebagai tempat pertukaran udara. Paru-paru burung dipenuhi dengan saluran-saluran kecil yang disebut parabrokhi yang menjadi tempat lewatnya udara. Ketika udara melewati saluran kecil ini, O2 akan berdifusi masuk kapiler darah yang banyak terdapat di sekitar parabronkhi. Parabronkhi memiliki ujung yang tidak buntu, sehingga udara pernapasan dapat mengalir terus hingga keluar paru-paru menuju kantong udara anterior. Sedangkan pada mamalia, alveolus merupakan tempat dengan ujung buntu dimana udara terjebak di dalamnya.

Bila diperhatikan, saluran pernapasan burung memiliki tingkat efektivitas penyerapan O2 yang tinggi. Udara bersih yang masuk tubuh tidak akan bercampur dengan udara kotor karena mekanisme pernapasan yang berbentuk saluran satu arah. Berbeda dengan saluran pernapasan mamalia yang tidak satu arah, dimana udara bersih dari luar dapat bercampur dengan udara kotor yang banyak mengandung CO2 yang berasal dari dalam tubuh.

0 komentar

Post a Comment