Saturday, May 30, 2015

Klasifikasi Enzim

Advertisement

Enzim adalah molekul protein yang berfungsi mempercepat jalannya reaksi kimia pada makhluk hidup. Enzim dihasilkan dalam jumlah sedikit oleh tubuh namun memiliki peran yang sangat penting bagi kelangsungan hidup organisme. Terdapat banyak sekali jenis enzim dalam tubuh yang menjadi perantara bagi ratusan bahkan ribuan reaksi kimia penting. Berdasarkan International Union of Biochemistry (IUB), enzim-enzim dibagi menjadi 6 kelompok berdasarkan sifat katalitiknya.


dehidrogenase
Enzim dehidrogenase mengkatalisis alkohol menjadi aldehid

Enam kelompok enzim yang telah disepakati adalah sebagai berikut.

Oksidoreduktase
Adalah enzim-enzim yang mengkatalisis (mengolah) reaksi oksidasi dan reduksi dan biasanya menggunakan koenzim NAD, NADP, FAD, atau Koenzim Q. Contohnya adalah enzim dehidrogenase, oksidase, dan oksigenase.

Transferase
Adalah enzim-enzim yang mengkatalisis pemindahan gusus tertentu seperti aldehid, keton, fosfat, atau glikosil. Contohnya adalah enzim aminotransferase, transketolase, dan transaldolase.

Hidrolase
Adalah enzim-enzim yang mengkatalisis pemecahan ikatan antara karbon dengan atom lainnya melalui penambahan molekul air. Contohnya adalah enzim amidase, peptidase, dan fosfatase.

Liase
Adalah enzim-enzim yang mengkatalisis pemecahan ikatan karbon-karbon, karbon-sulfur, dan karbon-nitrogen. Contohnya adalah enzim dekarboksilase, aldolase, dan deaminase.

Isomerase
Adalah enzim-enzim yang mengkatalisis reseminasi optik atau isomer geometrik dan reaksi oksidasi reduksi intra molekuler. Contohnya adalah enzim epimerase, mutase, dan isomerase.

Ligase
Adalah enzim-enzim yang mengkatalisis pembentukan ikatan antara karbon dengan karbon, karbon dengan sulfur, karbon dengan nitrogen, serta karbon dengan oksigen. Contohnya adalah enzim sintetase dan karboksilase.

0 komentar

Post a Comment