Wednesday, April 22, 2015

Zebra Fish (Danio rerio)

Advertisement

Zebra fish atau ikan zebra adalah ikan hias air tawar yang popular di kalangan akuaris karena mudah diperoleh dan memiliki ketahanan tubuh yang bagus. Ikan ini dapat dipelihara oleh akuaris pemula karena mudah dipelihara dan tidak rewel di akuarium. Ikan zebra berukuran kecil dan memiliki garis-garis biru kehitaman mirip dengan garis yang dimiliki zebra.

ikan zebra

Ikan zebra dewasa berukuran 2,5 cm hingga 5 cm dan dapat hidup hingga 8 tahun dengan perawatan yang baik. Ikan ini dapat dipelihara dalam kelompok dan sangat toleran terhadap kehadiran ikan lain. Mereka cenderung lebih menyukai bagian atas dan tengah-tengah air dalam aktivitasnya.

Walaupun sangat jinak, beberapa kasus perkelahian ikan zebra dengan ikan neon tetra atau cardinal tetra pernah dijumpai. Perkelahian ini diakibatkan karena ikan-ikan tersebut memiliki wilayah hidup (niche) yang mirip sehingga masing-masing merasa terancam karena kehadiran saingannya. Apabila dipelihara dalam kelompok kurang dari 6 ekor, mereka kadang akan saling menyerang teman-temannya sendiri. Sifat agresif ini akan hilang apabila dipelihara dalam jumlah agak banyak di akuarium.

Ikan jantan biasanya memiliki perut yang lebih langsing dibandingkan betina yang berperut lebih besar karena berisi telur. Ikan zebra termasuk ikan yang mudah berkembangbiak dalam akuarium. Ikan ini memiliki beberapa variasi warna hasil dari seleksi yang dilakukan peternak. Ikan zebra original berwarna hitam dan putih, namun kini dapat pula dijumpai ikan zebra dengan warna pink, kehijauan, keemasan, bahkan dengan corak seperti macan tutul.

Ikan ini berasal dari perairan sekitar pegunungan Himalaya, India, hingga sekitar Kamboja. Mereka dapat dijumpai di sungai-sungai, parit-parit irigasi, dan sawah-sawah padi yang dialiri banyak air. Ikan zebra baru-baru ini juga ditemukan hidup di perairan Amerika, asalnya mungkin adalah ikan-ikan yang lepas dari penangkaran.

0 komentar

Post a Comment