Wednesday, April 15, 2015

Tiga Tahap Perkembangan Ginjal: Pronefros, Mesonefros, dan Metanefros

Advertisement

Ginjal adalah organ ekskresi penting manusia yang akan menyaring air kotoran-kotoran dalam darah untuk dibuang dalam bentuk urin. Ginjal adalah organ yang sangat penting, kerusakan pada organ ini dapat mengakibatkan kematian karena akumulasi racun-racun dalam tubuh manusia.

Ginjal manusia berkembang dari jaringan intermediate mesoderm dan mengalami tiga tahapan perkembangan sebelum menjadi ginjal yang sempurna.

Tahapan-tahapan tersebut adalah pronefros, mesonefros, dan metanefros. Mesonefros merupakan tahapan awal dari perkembangan ginjal yang akan mereduksi digantikan mesonefros, dan mereduksi lagi digantikan metanefros. Penjelasan untuk masing-masing tahapan adalah sebagai berikut.

Tahapan perkembangan ginjal
Tahapan perkembangan ginjal


Pronefros
Perkembangan awal dari ginjal yang muncul dari somit ke-4 hingga ke-14 embrio dan terdiri atas 6 hingga 10 pasang tubulus. Pronefros akan benar-benar mereduksi setelah embrio berumur 4 minggu.

Mesonefros
Merupakan organ ekskresi utama pada embrio umur 4 hingga 8 minggu. Mesonefros akan mereduksi namun beberapa salurannya tetap bertahan dan menjadi bagian dari saluran reproduksi pria.

Metanefros
Mulai berkembang saat embrio mulai berumur 5 minggu. Muncul dari bagian kaudal (ekor) mesonefros, merupakan ginjal permanen dan operasional pada manusia.

0 komentar

Post a Comment