Saturday, April 11, 2015

Junai Mas, Merpati Raksasa

Advertisement

Merpati umumnya berukuran sedang, sekitar 20 hingga 25 cm, namun ada juga merpati liar Indonesia yang memiliki ukuran cukup besar mencapai 40 cm. Keluarga merpati ini disebut dengan nama junai mas, mereka memiliki tubuh yang cukup gempal dan besar dan disebut-sebut sebagai salah satu merpati berukuran raksasa.

junai mas

Junai mas memiliki ciri khusus berupa bulu leher yang panjang dan menjuntai, warna tubuhnya abu-abu gelap mengkilap dengan bagian punggung dan sayap hijau dengan kilau keemasan. Karena kilauan bulunya ini, mereka diberi nama junai “mas”. Burung yang memiliki nama ilmiah Caloenas nicobaria ini memiliki ekor pendek dan kadang nampak tak berekor sama sekali, kakinya panjang yang kuat untuk menahan tubuhnya yang besar.

Hidupnya lebih sering dihabiskan di permukaan tanah, mencari buah dan serangga kecil sebagai makanannya. Mereka dapat terbang cukup jauh namun tidak secepat dan selama burung merpati pada umumnya. Saat siang hari, mereka lebih sering beristirahat di dahan-dahan rendah dan baru aktif mencari makan setelah senja datang dan suhu udara telah menurun.

Di Indonesia mereka dapat ditemukan di pulau-pulau lepas pantai seperti Kangean, Karimunjawa, Mentaur, dan sekitar Papua. Burung ini masuk dalam kategori langka dan dilindungi undang-undang, sehingga perburuan terhadap jenis ini dilarang dengan ancaman hukuman denda dan kurungan penjara.

0 komentar

Post a Comment