Tuesday, December 30, 2014

Ini Manfaat Tumbuhan Binahong Bagi Kesehatan

Advertisement

Binahong (Basella rubra) adalah tumbuhan merambat yang banyak tumbuh di berbagai negara seperti Tiongkok, India, Asia tenggara bahkan mencapai Afrika. Binahong memiliki morfologi daun yang berbentuk seperti hati dan bertekstur tebal dan berair (herbaceous). Tumbuhan ini akan merambat pada tumbuhan atau benda yang ada di dekatnya dengan melilitkan batang mudanya pada benda tersebut. Setelah cukup umur, binahong akan menghasilkan buah dan umbi yang menempel pada batangnya. Tumbuhan yang mudah sekali tumbuh ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Daun dan batang muda binahong dapat dimakan, baik dimakan mentah maupun matang dalam bentuk stew. Dalam binahong terkandung senyawa-seyawa bermanfaat seperti kardiak glikosida, flavonoid, saponin, tannin, terpenoid, kalsium, zat besi, dan vitamin A, B, C. Senyawa-senyawa tersebut dikenal sangat bermanfaat bagi kesehatan dan mengobati beberapa penyakit berbehaya. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari tumbuhan binahong.

daun binahong

Pengobatan penyakit jantung
Kndungan kardiak glikosida dalam binahong dapat membantu meningkatkan ritme denyut jantung. Zat tersebut mampu meningkatkan aktifitas sel otot jantung dengan cara meningkatkan kadar kalsium di dalam sel otot. Otot jantung yang berkontraksi lebih aktif bermanfaat dalam pengobatan penyakit gagal jantung. Namun penggunaan dalam penyakit jantung harus dengan pengawasan ahli karena kardiak glikosida dapat membahayakan apabila digunakan secara sembarangan.

Pengobatan penyakit kanker
Flavonoid dan saponin yang terkandung di dalamnya memiliki manfaat sebagai senyawa antikanker. Senyawa-senyawa tersebut akan menghambat perkembangan sel-sel kanker serta menghambat munculnya sel kanker baru. Kemampuan ini menjadikan binahong dapat dijadikan sebagai obat untuk mencegah dan mengobati kanker.

Pengobatan aterosklerosis
Aterosklerosis adalah penimbunan lemak di pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah menjadi terganggu. Aterosklerosis ini akan menjadi penyebab munculnya tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan stroke. Flavonoid di dalam binahong akan membantu membersihkan timbunan lemak pada pembuluh darah sehingga tubuh terbebas dari resiko komplikasi aterosklerosis.

Pengobatan jerawat
Flavonoid dan tannin memiliki pengaruh sebagai agen anti abkteri, antivirus, dan antijamur. Kemampuan ini menjadikan binahong dapat dijadikan sebagai obat untuk pengobatan jerawat yang parah. Remasan daun binahong dapat digunakan untuk mencuci muka penderita jerawat untuk mematikan mikroorganisme penyebab munculnya jerawat tersebut.

Mengobati anemia
Kandungan zat besi dalam binahong dapat digunakan untuk mengobati penyakit kurang darah merah/anemia. Zat besi digunakan sebagai bahan untuk membuat hemoglobin dalam pembentukan sel darah merah baru. Tanpa zat besi darah merah tidak dapat menjalankan fungsinya untuk mengikat oksigen dan mengedarkannya ke seluruh bagian tubuh.

0 komentar

Post a Comment