Thursday, November 20, 2014

Telur Ikan Beluga Dihargai 120 Juta Per Kg

Advertisement

Ikan beluga atau Europan sturgeon adalah ikan mahal yang hanya ditemukan di laut kaspia, laut hitam, dan laut adriatik. Mereka sangat dihargai karena telurnya yang sangat enak untuk dibuat kaviar. Telur ikan beluga dapat mencapai harga $10.000 per kg atau sekitar Rp. 120 juta apabila di kurs-kan ke rupiah.

Ikan yang memiliki nama ilmiah Huso huso ini telurnya dihargai sangat mahal karena jumlahnya telah sangat terbatas di alam. Selain itu telur beluga memiliki ukuran yang terbesar dibandingkan telur ikan lain yang biasa dijadikan kaviar. Status konservasi untuk ikan ini adalah CR (Critically endangered), yang artinya sangat terancam punah. Negara-negara seperti Iran, China, Azerbaijan, Bulgaria, dan Rumania merupakan penghasil kaviar beluga walaupun tidak dalam jumlah banyak.

Ikan beluga akan dewasa pada umur 20 tahun dan dapat terus hidup hingga mencapai ukuran lebih dari 5 m. Beluga terbesar yang pernah ditangkap berukuran 7,2 m dan diperkirakan telah berumur 100 tahun lebih. Beluga akan bertelur di air tawar seperti ikan tuna. Saat musim kawin tiba, mereka akan berenang melawan arus sungai untuk menemukan tempat bertelur yang baik. Anak beuga yang menetas akan berenang mengikuti arus menuju lautan tempat mereka berkembang menjadi dewasa.

Telur ikan beluga yang beredar di restoran-restoran bintang 5 saat ini masih mengandalkan hasil tangkapan alam. Di habitatnya, ikan ini akan memangsa ikan-ikan dan hewan-hewan air kecil termasuk anak anjing laut dan burung air. Beluga yang telah berukuran raksasa juga memiliki kemampuan untuk memangsa manusia, namun kasus beluga menyerang manusia belum pernah dilaporkan.

0 komentar

Post a Comment