Saturday, November 22, 2014

Awas Tersetrum Belut Listrik !

Advertisement

Belut listrik (Electrophorus electricus) adalah hewan yang mampu mengeluarkan listrik untuk memperoleh mangsa dan melindungi dirinya. Hewan yang hidup di sungai Amazon ini mampu tumbuh hingga mencapai ukuran panjang 2,5 m  dan hidup hingga 15 tahun.

Apabila mendapat serangan dari hewan lain atau ingin melumpuhkan mangsanya, mereka dapat mengeluarkan listrik dengan teganggan paling tidak 600 volt. Tegangan ini kurang lebih 3 kali tegangan dari listrik yang mengalir di rumah-rumah kita. Mereka mampu menghasilkan listrik karena memiliki sel-sel yang mampu menyimpan energi listrik, mirip seperti baterai kecil yang disebut elektrosit. Belut listrik dewasa memiliki sekitar 6000 elektrosit yang membuatnya mampu menghasilkan listrik dalam teganggan tinggi.

Belut listrik tinggal diperairan yang berair tenang, mereka merupakan karnivora yang memangsa hewan kecil seperti ikan, katak, dan burung. Hewan ini membutuhkan udara bebas untuk bernapas, sehingga secara berkala mereka akan naik ke permukaan air untuk bernapas. Mereka memiliki penglihatan yang buruk, namun mereka menggunakan listrik teganggan rendah, sekitar 10 volt, sebagai radar untuk mendeteksi lingkungan sekitar mereka.

Seorang manusia dapat mati apabila terkena serangan listriknya. Serangan ringan terhadap manusia dapat mengakibatkan gangguan napas, gagal jantung dan mengakibatkan pingsan. Namun serangan terhadap manusia jarang sekali terjadi karena secara normal mereka akan menghindar apabila merasa terganggu. Namun apabila gangguan tersebut terus mengejarnya, barulah mereka mengeluarkan senjata rahasianya yang mematikan.

0 komentar

Post a Comment