Tuesday, October 14, 2014

Coelophysis

Advertisement

Coelophysis berarti “hollow form”, dinamakan demikian karena tulangnya yang berongga seperti tulang burung modern. Coelophysis hidup sekitar 225 hingga 220 juta tahun yang lalu, sekitar akhir dari jaman triasik. Memiliki panjang sekitar 3 m dengan berat mencapai 27 kg. Fosilnya ditemukan di beberapa tempat di Amerika Serikat.

Dinosaurus ini memiliki bentuk yang ramping dan tubuh yang ringan, kemampuan yang sangat tepat dimiliki pemangsa karena memungkinkannya bergerak dengan gesit. Kemungkinan coelophysis merupakan dinosaurus sosial yang berburu dalam kelompok seperti halnya velociraptor. Perburuan dalam kelompok memungkinkan mereka dapat membunuh mangsa yang berukuran lebih besar dari ukuran tubuhnya.


Coelophysis merupakan karnivora yang gesit, berburu herbivora kecil seperti technosaurus. Tulangnya yang berongga menyebabkan tubuhnya cukup ringan dan membantunya dalam berlari cepat dalam berburu herbivora. Berlari cepat dengan dua kakinya yang kuat, tungkai bawah kakinya memiliki morfologi yang mirip dengan kaki burung modern. Tangannya digunakan untuk membantu mencabik dan menggenggam mangsa yang ditangkapnya.

0 komentar

Post a Comment