Tuesday, September 16, 2014

Diabetes Tipe Apakah yang Kamu Derita? /// Jenis-Jenis Diabetes ///

Advertisement

Apakah ada diantara pembaca sekalian yang menderita diabetes? yaitu penyakit dimana kadar gula dalam darah terlalu tinggi. (Yang akan dibahas dalam artikel ini adalah diabetes melitus yang demi kemudahan akan disebut sebagai diabetes saja) Diabetes merupakan penyakit yang cukup umum dewasa ini akibat dari faktor keturunan dan pola hidup yang kurang sehat. Diabetes dapat menjadi momok yang menakutkan karena penyakit ini dapat menyebabkan berbagai macam komplikasi yang membahayakan seperti serangan jantung.

Banyak orang menderita diabetes namun tidak mengetahui tipe dari diabetes yang dialaminya. Padahal dengan mengetahui tipe diabetes yang diderita dapat membantu penderita untuk melakukan tindakan lebih lanjut untuk mengurangi dampak negatif dari diabetes. Secara umum dikenal 3 tipe diabetes yang diderita orang di seluruh dunia. Tipe-tipe diabetes akan dijelaskan sebagai berikut.


Diabetes tipe 1, biasanya didiagnosa pada anak kecil. Diabetes ini juga dikenal dengan nama diabetes juvenile atau diabetes tergantung insulin. Pankreas sebagai pabrik hormon insulin, mengalami kelainan sehingga tidak dapat memproduksi hormon tersebut. Ketidakmampuan pankreas menghasilkan insulin menyebabkan kelebihan gula dalam darah tidak dapat disimpan dalam sel.

Diabetes tipe 2, biasanya didiagnosa pada orang dewasa atau orang tua, walaupun tidak menutup kemungkinan anak kecil juga dapat mengalaminya. Diabetes ini juga dikenal dengan nama diabetes menyerang dewasa atau diabetes tidak tergantung insulin. Pankreas mampu memproduksi insulin dalam jumlah cukup, namun sel-sel tubuh seperti sel hati dan sel otot tidak mampu menggunakannya. Akibat dari hal tersebut kadar gula dalam darah tetap tinggi karena gula tidak dapat disimpan di dalam sel.

Tipe terakhir adalah diabetes gestational, biasanya didiagnosa pada ibu hamil. Diabetes ini disebabkan oleh hormon-hormon kehamilan yang diproduksi oleh si-ibu, hormon kehamilan itu akan mengganggu aktifitas penyimpanan gula di dalam sel sehingga menyebabkan diabetes. Tidak semua ibu hamil mengalami diabetes ini. Diabetes ini akan hilang segera setelah bayi lahir dan ibu tidak memproduksi hormon-hormon kehamilan lagi.

Dengan mengetahui tipe diabetes yang kamu alami, akan membantu dalam proses penyembuhan maupun perlakuan tambahan agar tidak sampai menimbulkan akibat-akibat yang berbahaya. Diabetes tipe apakah yang kamu derita? Baca juga Gejala dan Tanda Penyakit Diabetes.

0 komentar

Post a Comment