Tuesday, September 9, 2014

Burung-Burung di Universitas Negeri Semarang

Advertisement

Universitas Negeri Semarang (UNNES) merupakan universitas konservasi yang sangat memperhatikan kelestarian ekosistem di dalam kampus maupun di luar kampus. Kegiatan-kegiatan penanaman pohon sering dilakukan untuk tujuan penghijauan.

Kawasan kampus UNNES terbagi menjadi beberapa wilayah berbeda, yaitu kampus Sekaran, kampus Bendan Ngisor, kampus Ngaliyan, dan kampus Tegal. Dalam artikel burung-burung di UNNES kali ini hanya akan saya jelaskan tentang keanekaragaman burung di UNNES kampus Sekaran saja yang merupakan kawasan yang paling luas.

Kawasan UNNES Sekaran terletak di Desa Sekaran, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Kawasan ini nampak rindang dan hijau karena banyaknya pepohonan yang tumbuh di tempat ini. Disetiap sudut kampus dipenuhi hutan-hutan mini yang menjadi sumber penghidupan banyak jenis burung. Pohon-pohon yang umum di jumpai di kampus adalah jenis mahoni, jati, akasia, sengon, glodogan, mangga, dan kersen.

Data pada tahun 2013 terdapat 46 jenis burung di kawasan kampus UNNES Sekaran. 46 jenis tersebut mayoritas adalah burung penetap dan beberapa adalah burung migran yang mendatangi wilayah sekitar kampus dalam bulan-bulan tertentu. Burung-burung migran tersebut antara lain elang alap jepang, elang alap cina, sikep madu asia, dan terik asia.

Beberapa jenis yang menarik karena cukup langka akan saja jelaskan di bawah ini.

Burung madu pengantin

Madu pengantin
Merupakan burung penghisap nektar yang cukup langka. Burung bernuansa kemerahan ini memiliki paruh yang cukup panjang untuk mencari nektar di bunga-bunga yang sedang mekar. Burung ini di kawasan UNNES dapat dijumpai di sekitar pepohonan jambu darsono di Kebun Wisata Pendidikan UNNES. Cukup sulit dijumpai dalam pengamatan.

Burung kadalan birah

Kadalan birah
Burung yang cukup besar dan berekor panjang sehingga cukup mudah dikenal. Di UNNES dapat dijumpai di sekitar Kebun Wisata Pendidikan. Sangat sulit dijumpai karena jumlahnya yang sangat sedikit.

Burung cinenen kelabu

Cinenen kelabu
Burung pekicau yang ramai benyanyi seperti saudaranya cinenen pisang. Burung berperut kelabu dan bermahkota dan berwajah kemerahan ini dapat dijumpai di Kebun Wisata Pendidikan UNNES. Burung ini termasuk sangat sulit dijumpai di UNNES.

Burung gelatik batu kelabu

Gelatik batu kelabu
Burung kecil berwarna kelabu dan keputihan, dapat dijumpai di kawasan Fakultas Teknik UNNES. Pemakan serangga yang sulit dijumpai UNNES. Hanya dapat dijumpai di kawasan Fakultas Teknik saja.

Burung celepuk jawa

Celepuk jawa
Burung hantu kecil yang sangat langka. Di siang hari burung ini cukup tenang beristirahat di pepohonan dan tidak mudah terganggu. Dapat dijumpai di pepohonan sekitar Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES. Termasuk burung yang sangat sulit dijumpai.

Burung serak jawa

Serak jawa
Burung hantu berukuran besar yang cantik. Dapat dijumpai di Fakultas Teknik di sekitar gedung-gedung perkuliahan. Sangat sulit untuk menjumpai burung ini dalam pengamatan.

Untuk database lengkap ke-46 jenis burung di kawasan kampus UNNES Sekaran dapat di download pada link di bawah ini.

0 komentar

Post a Comment