Tuesday, September 9, 2014

Belajar Identifikasi Burung dari Suaranya

Advertisement

Saat kita berjalan-jalan di taman atau di hutan untuk mencari burung, seringkali kita mendengar suara burung dimana-mana namun tidak melihat burung dimana-mana. Burung kadang bersembunyi di baalik rimbunnya dedaunnan sehingga terkadang lebih mudah mendengar suaranya daripada melihatnya langsung. Dalam keadaan seperti ini buku panduan tidak dapat membantu seorang pengamat untuk mengidentifikasi jenis burung.

Setiap burung memiliki suara nyanyian yang berbeda-beda yang dapat dijadikan sebagai ciri untuk identifikasi jenis. Namun, identifikasi burung dari suaranya lebih sulit daripada identifikasi secara visual. Membutuhkan ketelatenan untuk menghafalkan setiap suara burung yang kita dengar. Terkadang satu jenis burung memiliki variasi suara yang cukup banyak, hal ini akan menambah kesulitan dalam identifikasi. Karena sulitnya inilah, dalam perlombaan-perlombaan pengamatan burung identifikasi dari suara kebanyakan tidak diperbolehkan. 

Burung Prenjak memiliki suara khas yang menjadi salah satu tanda pengenalnya

Namun sulit bukan berarti tidak dapat dipelajari, semua dapat dipelajari, hanya membutuhkan ketelatenanan saja. Berikut ini adalah beberapa tips dalam mengenal dan mempelajari suara nyanyian burung, sehingga kamu dapat mengidentifikasi burung dari suaranya.

Hapalkan dulu suara nyanyian burung yang umum di sekitarmu
Kita akan lebih mudah menghapalkan suara yang sering kita dengar dibandingkan suara yang jarang kita dengar. Mulailah latihan dengan menghapalkan suara nyanyian burung-burung yang banyak di sekitar kita seperti suara burung gereja, bondol, ataupun burung cinenen. Setelah kamu hapal suaranya dan dapat mengidentifikasinya hanya dari suaranya, lanjutkan latihanmu dengan burung-burung lainnya.

Fokus pada satu suara burung
Terkadang saat pengamatan dan kita mendengar banyak sekali suara burung, kita menjadi bingung suara burung apa sajakah itu. Jangan buang energy kalian untuk mendengarkan semua suara tersebut tapi fokuslah pada satu suara saja. Fokus pada suara itu, dengarkan baik-baik dan carilah burungnya untuk mengetahui suara burung apa itu. Atau kalau kamu didampingi oleh seorang ahli, kamu dapat bertanya kepadanya suara burung apakah itu? Ini tentu lebih mudah.

Mendengarkan suara nyanyian burung dari rekaman
Saat ini banyak website yang menyediakan suara nyanyian burung yang dapat didownload. Dengan adanya fasilitas ini kamu dapat berlatih medengarkan setiap suara dengan menggunakan gadget yang kita miliki.

Telaten dalam mendengarkan
Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah ketelatenan. Apapun kesulitan yang kamu hadapi dalam menghapalkan suara nyanyian burung, dapat diselesaikan dengan ketelatenan. Bisa karena biasa itu kata pepatah tua.

0 komentar

Post a Comment