Monday, August 25, 2014

Sekilas Tentang Kurikulum 2013

Advertisement



Kurikulum 2013 merupakan kurikulum terbaru yang dikembangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kurikulum baru ini diharapkan mampu untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia sehingga menghasilkan lulusan-lulusan yang berkualitas.

Perbedaan mendasar pada kurikulum 2013 dan kurikulum sebelumnya (KBK 2004 dan KTSP 2006) adalah diterapkannya pendekatan ilmiah dalam kegiatan pembelajaran. Siswa diberi kesempatan untuk mengolah informasi untuk menghasilkan suatu konsep tertentu. Siswa tidak diberi makanan yang telah matang, namun diberi bahan-bahan makanan dan siswa diminta memasak bahan makanan tersebut hingga menjadi makanan matang.

Perbedaan antara Kurikulum 2013 dan kurikulum sebelumnya dapat dilihat pada tabel di bawah ini.


Kurikulum KBK dan KTSP membelajarkan tiap mata pelajaran secara terpisah, tidak saling berikatan satu sama lain sehingga pengetahuan siswa terpecah-pecah. Dalam kurikulum 2013 tiap mata pelajaran diikat oleh kompetensi inti yang menghubungkan antar mata pelajaran tersebut sehingga ilmu yang diperoleh siswa adalah ilmu yang utuh dan menyeluruh.

Guru dimudahkan dengan penerapan kurikulum 2013 karena dalam kegiatan pembelajaran siwa yang harus aktif untuk belajar menemukan konsep. Guru tidak harus menjelaskan semua konsep pelajaran, namun hanya menjelaskan poin-poin kunci untuk membimbing siswa menemukan konsep sendiri.

Siswa yang aktif dalam pembelajaran akan memicu berkembangnya kemampuan esensial yang menjadikan siswa menjadi insan yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif. Tujuan dan alasan pemerintah mengembangkan dan menerapkan kurikulum 2013 dapat dilihat pada artikel berikut.

0 komentar

Post a Comment