Tuesday, May 20, 2014

Kesemutan Setelah Olahraga, Apakah Normal?

Advertisement

Kesemutan adalah hal yang biasa terjadi apabila kita duduk atau berdiri terlalu lama. Tapi apabila kesemutan terjadi setelah kita berolahraga, apakah itu juga hal yang normal terjadi?

Setelah kita duduk terlalu lama, kemudian kita berdiri tak jarang kaki kita kesemutan. Hal ini dapat terjadi karena aliran darah yang menuju kearah kaki terhambat disebabkan posisi duduk yang salah. Kaki menjadi kurang asupan darah, kekurangan oksigen sehingga menyebabkan kesemutan.

Kesemutan sering terjadi di telapak kaki

Namun dalam beberapa keadaan, kesemutan dapat terjadi setelah seseorang selesai berolahraga. Bagian yang sering kesemutan adalah ujung-ujung jari kaki dan tangan. Kesemutan yang terjadi setelah olahraga dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti olahraga yang terlalu berat atau menggunakan alat-alat olehraga yang kurang tepat misalnya sepatu olahraga yang terlalu sempit.

Melakukan olahraga yang terlalu berat adalah hal umum yang dapat menyebabkan kesemutan setelah selesai olahraga. Misalnya kita melakukan olahraga lari yang berlebihan, hal itu dapat menyebabkan kesemutan pada jari-jari kaki. 

Saat kita berlari, seluruh tubuh bergerak aktif terutama tubuh bagian bawah. Tubuh yang aktif bergerak mambutuhkan pasokan oksigen lebih banyak yang menyebabkan sirkulasi darah dikonsentrasikan di daerah tersebut. Setelah kita selesai berolahraga, tubuh membutuhkan waktu beberapa saat untuk kembali ke keadaan semula (steady state). Darah masih banyak disirkulasikan di daerah yang aktif bergerak tadi, akibatnya bagian-bagian tubuh yang kurang penting seperti telapak kaki akan mengalami kekurangan darah sehingga mengalami kesemutan.

Olahraga-olahraga yang aktif menggunakan tangan seperti basket dan renang apabila dilakukan terlalu berlebihan juga dapat menyebabkan kesemutan terutama pada bagian jari tangan. Namun apabila olahraga yang dilakukan tidak terlalu keras (sesuai kemampuan) biasanya kesemutan tidak akan terjadi karena sirkuasi darah tidak terlalu berubah drastis.

Penyebab kedua adalah penggunaan alat olahraga yang kurang tepat, misalnya menggunakan sepatu olahraga yang ukurannya terlalu kecil. Karena ukurannya yang kecil sepatu akan menekan ujung-ujung jari kaki sehingga menyebabkan sirkulasi darah di ujung jari menjadi terhambat yang akan meyebabkan kesemutan.

Kesemutan setelah berolahraga adalah hal yang umum terjadi dengan syarat selang beberapa saat kesemutan itu hilang (tidak terlalu lama). Namun apabila kesemutan itu berlanjut hingga terlalu lama dan terjadi terus-menerus walaupun kita melakukan olahraga yang ringan sekalipun, itu baru dapat disebut sebagai hal yang tidak normal. Segera konsultasi kepada dokter atau ahli-ahli kesehatan untuk mengatasi masalah tersebut.

Olahraga sangat baik untuk kesehatan tubuh, dengan syarat tidak terlalu berlebihan dan menggunakan alat yang baik dan benar. Olahraga berlebihan dalam jangka waktu lama dan terus menerus justru menjadi salah satu sumber kerusakan tubuh dan datangnya banyak penyakit.

Kesemutan akan terjadi setelah selesai olahraga, namun ada kejadian dimana saat olahraga perut tiba-tiba terasa sakit. kejadian ini dikenal dengan istilah kram perut. Apa itu kram perut dan bagaimana mengatasinya dapat dilihat pada artikel Mengatasi Kram Perut Saat Olahraga.

1 komentar: