Sunday, July 3, 2016

Berkenalan dengan Famili Microhylidae Katak

Advertisement

Micohylidae adalah famili katak dengan jumlah jenis yang paling banyak dibandingkan famili katak lain. Terdapat sekitar 61 genus dengan 584 jenis katak dalam famili ini. Microhylidae hidup tersebar luas dari iklim tropis hingga subtropis. Mereka dapat ditemukan di Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, India, Sri Langka, Asia Tenggara, Papua Nugini, hingga Australia.

Microhylidae memiliki ciri khas berupa tubuh yang membulat, kepala agak kecil, dan mulut yang sempit. Karena cirinya itulah, famili microhylidae disebut sebagai kelompok katak mulut sempit. Bila dilihat sekilas, katak ini memiliki proporsi kepala dibandingkan badan yang lebih kecil dibandingkan katak jenis lain. Katak ini memiliki ukuran tubuh yang cukup kecil, mula dari 1 cm hingga 10 cm.

Hamptophryne Boliviana
Hamptophryne Boliviana

Katak dalam famili ini memiliki habitat yang luas dan beragam. Beberapa hidup di pohon, beberapa hidup di gurun yang gersang, atau di dekat perairan, namun paling banyak ditemukan di lantai hutan yang lembab. Mereka sering ditemukan bersembunyi di bawah serasah daun untuk menghindari pemangsa.

Seperti katak jenis lain, mereka merupakan hewan nokturnal atau aktif di malam hari. Di siang hari mereka akan bersembunyi, dan ketika malam tiba mereka baru akan aktif mencari makan. Makanan katak ini adalah rayap, semut, dan serangga kecil lain yang dapat dilahap mulutnya yang sempit.

Beberapa jenis tidak mengalami fase berudu dalam hidupnya, telur akan langsung menetas menjadi katak berukuran kecil. Jenis Microhylidae yang mengalami fase berudu tidak memiliki gigi atau paruh keras yang dimiliki berudu dari famili lain. Jenis arboreal (hidup di pepohonan) akan bertelur pada daun di atas perairan, dan ketika menetas berudu dapat langsung terjatuh menuju air di bawahnya.

1 komentar: