Thursday, November 6, 2014

Tumbuhan Venus Yang Gemar Makan Serangga

Advertisement

Venus atau yang dikenal dengan Venus flytrap (Dionaea muscipula) merupakan tumbuhan karnivora yang hidup didaerah subtropis Amerika Serikat. Tumbuhan ini dikenal mampu memakan serangga-serangga kecil yang terperangkap dalam jebakannya. Tumbuhan ini dapat melakukan fotosintesis seperti tumbuhan normal, namun juga dibekali kemampuan mencari nutrisi dari serangga-serangga yang tertipu jebakannya.


Tumbuhan unik ini memiliki daun berbentuk seperti pedang dengan dua bagian yang berbeda. Bagian dasar berbentuk mirip hati dan berfungsi sepenuhnya untuk fotosintesis, sedangkan bagian atasnya mengalami modifikasi hingga berbentuk menyerupai mulut bergerigi yang digunakan untuk memenjarakan mangsa. Bagian dalam dari perangkap venus berwarna kemerahan karena mengandung pigmen antosianin dan juga akan mengeluarkan suatu cairan untuk menarik serangga mendekat.


Setelah serangga masuk ke perangkapnya, perangkap tersebut akan segera menutup sehingga serangga tidak dapat keluar lagi. Serangga akan terjebak dan akan hancur oleh enzim yang dikeluarkan oleh perangkap tersebut. Venus akan menyerap cairan-cairan sisa serangga yang telah hancur tersebut. Setelah semua cairan terserap, perangkap venus akan membuka kembali dan siap menangkap serangga lain.


Menutupnya perangkap venus dipengaruhi oleh rambut-rambut halus pada permukaan dalam perangkapnya. Apabila ada serangga yang menyentuh sebuah rambut dan menyentuh rambut berikutnya dalam waktu kurang dari 20 detik, maka perangkap akan menutup. Namun apabila serangga tersebut hanya menyentuh satu rambut atau menyentuh rambut lain dalam waktu lebih dari 20 detik, maka perangkap tersebut tidak akan menutup. Suatu mekanisme yang unik untuk memastikan bahwa yang ditangkapnya benar-benar merupakan sumber makanan hidup.

Venus biasanya ditemukan tumbuh pada daerah dengan tanah yang miskin nutrisi, kebutuhan nutrisinya dipenuhi dengan menangkap dan mencerna serangga-serangga kecil. Venus dapat menghasilkan bunga dalam tangkai yang tinggi menjulang dari tanah. Bunganya berwarna putih dan menghasilkan biji hitam yang akan tumbuh menjad pemangsa baru.

0 komentar

Post a Comment