Tuesday, January 2, 2018

Burung Terkecil di Dunia, Bee Hummingbird

Advertisement

Bee hummingbird (Mellisuga helenae) atau kolibri lebah merupakan jenis burung paling kecil di dunia. Bagaimana tidak, tubuhnya hanya berukuran 5,5 hingga 6 cm dengan berat 1,9 hingga 2,1 gram saja...sangat kecil bukan. Karena ukurannya yang kecil ini maka orang-orang kemudian memberi nama burung ini kolibri lebah karena memang mirip lebah ketika sedang terbang.

Walaupun kecil nyatanya mereka memiliki tubuh yang kuat karena mampu mengepakkan sayap hingga 80 kali setiap detik, kepakan sayap yang sangat cepat ini mirip sekali dengan kepakan sayap lebah. Mereka juga mampu terbang mundur seperti helikopter, kemampuan terbang mundur ini memang khusus dimiliki keluarga kolibri saja..burung-burung lain hanya dapat bergerak maju. Tak hanya itu  kolibri lebah juga dapat melayang tenang di udara sambil mengepakkan sayap tanpa bergerak. Keampuan meayang dan mundur ini sangat diperlukan untuk memudahkan mereka berburu nektar bunga.

kolibri lebah
Burung kolibri lebah dalam genggaman jari

Makanan kolibri lebah adalah nektar bunga dan kadang juga polennya. Mereka dapat menjulurkan lidah panjangnya untuk menghisap nektar bunga dari dasar bunga. Nektar bunga mengandung banyak gula yang diperlukan kolibri sebagai sumber energi utama, namun kadang mereka juga memangsa hewan sangat kecil seperti laba-laba dan serangga lain.

Berdasarkan peneitian para ahli bunga-bunga yang sering dikunjungi kolibri lebah adalah dari jenis Hamelia patens, Chrysobalanus icaco, Pavonia paludicola, Forsteronia corymbosa, Lysiloma latisiliquum, Turnera ulmifolia, Antigonon leptopus, Clerodendrum aculeatumCissus obovata, dan Tournefortia hirsutissima.

Burung ini hidup di Kuba dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Kolibri lebah jantan dalam masa berbiak berwarna kebiruan dengan tenggorokan merah, sedangkan betina tubuh atasnya hijau dan tubuh bawahnya putih. Sarang si kolibri lebah juga sangat kecil berbentuk seperti mangkuk yang terbuat dari rumput kering, kulit kayu, dan sarang laba-laba. Musim kawinnya antara bulan maret hingga juni dan hanya menghasilkan 2 butir telur setiap musim yang besarnya seukuran biji kopi.

Kolibri lebah bukan merupakan jenis burung yang dilindungi. Status burung ini menurut IUCN adalah least concern. Namun demikian di kuba burung ini kadang ditangkap karena memiliki suara yang nyaring dan dipelihara sebagai burung kicauan.

0 komentar

Post a Comment