Wednesday, December 6, 2017

Percobaan Letusan Gunung Berapi dengan Cuka dan Soda Kue

Advertisement

Percobaan membuat gunung berapi sangat menarik untuk dilakukan di sekolah dasar, sekolah menengah pertama, maupun sekolah menengah atas. Karena dalam percobaan itu terdapat nilai pendidikan dan juga nilai hiburan. Nilai pendidikan jelas nampak dari reaksi kimia antara cuka dengan soda kue, sedangkan nilai hiburannya tentu sangat menarik melihat letupan-letupan yang mirip gunung berapi.

letusan gunung berapi buatan
Letusan gunung berapi buatan

Cuka atau asam asetat memiliki rumus kimia C6H8O7, cuka merupakan larutan bersifat asam yang sering digunakan untuk memasak di rumah. Sedangkan soda kue atau natrium bikarbonat memiliki rumus kimia Na2CO3 yang bersifat basa, soda kue banyak digunakan untuk memasak kue agar mengembang.

Percobaan membuat gunung berapi ini sangat sederhana dan mudah karena bahan-bahannya dapat diperoleh di sekitar kita. Cuka dan soda kue dapat dibeli dengan mudah di toko seberang jalan hehe. Namun selain bahan pokok tadi juga diperlukan pewarna merah agar nanti buih yang terbentuk merah mirip dengan magma sebenarnya.

Tanpa berpanjang dan lebar lagi, akan saya jelaskan cara membuat percobaan letusan gunung berapi.

Alat dan bahan
  • Cuka
  • Soda kue
  • Pewarna merah
  • Lilin malam/ tanah liat

Langkah kerja
  • Bentuklah lilin malam atau tanah liat menyerupai bentuk gunung
  • Berilah lubang di ujung gunung buatan sebagai tempat keluar buih
  • Campur cuka dengan pewarna merah
  • Tuanglah 2 sendok makan cuka ke dalam lubang tadi
  • Tuanglah 2 sendok makan soda kue ke dalam lubang tadi (2 sendok makan sekali tuang)
  • Perhatikan apa yang terjadi

Yang terjadi adalah buih yang sangat banyak hingga keluar dari ujung lubang mirip seperti magma gunung berapi. Semakin banyak cuka dan soda kue yang diberikan akan semakin banyak pula buih yang dihasilkan. Kalau ingin menggunakan cuka dan soda kue lebh banyak sebaiknya lubeng di ujung gunung dibuat lebih dalam agar cukup banyak cuka dan soda kue yang dapat ditampung.

Reaksi antara cuka dan soda kue menghasilkan gas karbondioksida yang menyebabkan timbulnya buih-buih yang sangat banyak. Reaksi lengkap antara cuka dengan soda kue adalah sebagai berikut.


Reaksi ini akan lebih hebat apabila terjadi dalam keadaan tanpa udara/ruang hampa. Buih yang terjadi dalam ruang hampa cukup kuat hingga meletup-letup seperti semburan magma yang naik ke langit.

Mudah bukan, percobaan ini aman dilakukan anak kecil dan bahan yang digunakan juga sederhana. Selamat mencoba.

0 komentar

Post a Comment