Monday, September 11, 2017

Jenis-Jenis Burung Punai

Advertisement

Punai adalah burung kerabat merpati yang umumnya memiliki warna hijau dengan kombinasi merah jambu, oranye, atau coklat. Burung kelurga columbidae tinggal di hutan yang masih lebat dan beraktifitas dalam kelompok antara 2 ekor hingga puluhan ekor. Mereka sering terlihat mencari makan di pohon yang memiliki buah kecil seperti jenis ara, bersama-sama dengan burung pemakan buah lain.

Punai jantan di biasanya memiliki warna yang agak berbeda dengan betina. Si jantan berwarna lebih indah dengan kombinasi warna yang beragam sedangkan betina umumnya hanya berwarna hijau. Oleh karena itu membedakan punai betina antar jenis yang berbeda cukup sulit.

Di Indonesia dapat dijumpai beberapa jenis punai yang kadang sulit dibedakan oleh pengamat yang belum terbiasa. Dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan jenis-jenis punai yang ada di Indosenia bersasarkan ciri-ciri warna yang dimilikinya.

Jenis-jenis punai di Indonesia adalah sebagai berikut.

Punai salung (Treron oxyura)

Tubuhnya hampir hijau seluruhnya namun memiliki ciri khas berupa ekor yang panjang dan meruncing. Punai salung jantan mmiliki tengkuk/ bagian belakang leher yang berwarna biru buram.

Sumatran green pigeon
Punai salung

Punai gagak (Treron sphenura)

Punai gagak jantan berwarna hijau dengan bahu merah padam, selain itu si jantan memiliki dada dan topi berwarna emas. Sedangkan punai gagak betina berwarna hijau seluruhnya dengan kepala dan tubuh bawah hijau muda.

wedge tailed green pigeon
Punai gagak

Punai lenguak (Treron curvirosra)

Punai lenguak memiliki paruh tebal. Jantan memiliki bahu berwarna merah padam dengan ciri khas mahkota abu-abu dan pangkal paruh merah. Sedangkan punai lenguak betina bertubuh hijau namun dengan mahkota abu-abu. Baik jantan maupun betina memiliki ekor dengan bulu tengah hijau sedangkan bulu luar abu-abu.

thick billed green pigeon
Punai lenguak

Punai penganten (Treron griseicauda)

Punai penganten jantan memiliki bahu berwarna merah padam, dengan kepala abu-abu. Sedangkan betina mirip jantan hanya dengan muka yang berwarna hijau. Baik punai penganten jantan maupun betina memiliki ekor dengan bulu tengah hijau dan lubu luar abu-abu.

grey cheeked green pigeon
Punai penganten

Punai bakau (Treron fulvicollis)

Punai bakau jantan memiliki kepala dan dada berwarna coklat dan bahu dan punggung  berwarna merah padam. Sedangkan si betina mirip dengan punai lenguak betina namun dengan warna yang lebih buram.

cinnamon headed green pigeon
Punai bakau

Punai kecil (Treron olax)

Punai berukuran kecil. Jantan memiliki kepala abu-abu, dada oranye, dan bahu serta punggung merah padam. Sedangkan si betina berwarna hijau dengan mahkota abu-abu serta dada dan perut hijau muda. Baik jantan maupun betina memiliki ekor berwarna gelap.

littke green pigeon
Punai gading

Punai gading (Treron vernans)

Punai gading jantan memiliki kepala berwarna abu-abu, leher merah jambu, dan dada oranye. Sedangkan betina berwarna hijau dengan tubuh bawah berwarna lebih muda. Baik jantan maupun betina memiliki ekor berwarna abu-abu dengan tungging coklat.

pink necked green pigeon
Punai gading

Punai siam (Treron bicincta)

Punai siam jantan memiliki kepala berwarna hijau dengan leher merah muda, dada oranye, dan tengkuk abu-abu. Sedangkan si betina kepala dan leher hijau dengan tengkuk abu-abu. Baik jantan maupun betina memiliki ekor berwarna khitaman.

orange breasted green pigeon
Orange breasted green pigeon

Punai besar (Treron capellei)

Punai berukuran besar dengan kaki kuning. Jantan memiliki dada berwarna oranye dan tungging coklat, sedangkan si betina mirip jantan dengan warna yang lebih buram.

large green pigeon
Punai besar

Loading...

0 komentar

Post a Comment