Friday, September 29, 2017

Download Buku Burung Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Advertisement

Beberapa waktu yang lalu saya berkesempatan untuk jalan-jalan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) khususnya di resort Ranu Darungan. Dari perjalanan itu saya jadi dapat mengamati  keanekaragaman burung-burung di Ranu Darungan. Di sana merupakan lokasi dimana terdapat danau buatan di desa Darungan, di sekeliling danau hutannya masih bagus dengan semak-semak yang sangat rapat. Banyak burung unik memang namun untuk menemukannya tidaklah mudah.

burung di taman nasional bromo tengger semeru

Menurut staf taman nasional, Ranu Darungan merupakan wilayah di TNBTS dengan keanekaragaman burung paling tinggi. Dari pengalaman 3 hari 2 malam di tempat tersebut saya menemukan banyak jenis burung, namun ada beberapa yang unik dan baru saya temukan di tempat tersebut.

Burung-burung unik yang sering berseliweran di sekitar lokasi kamp adalah pentis pelangi dan burung cabai jawa. Dan kedua jenis ini belum pernah saya temukan di tempat lain. Selain itu saya dapat menemukan paruh kodok jawa dengan mudah ketika pengamatan di malam hari. Paruh kodok memiliki suara yang mirip siulan, saya dapat dengan mudah memancingnya mendekat hanya dengan "nyetel" rekaman suara paruh kodok yang saya download di Xeno-Canto.

Sungguh pengalaman yang menarik....

Cerita saya terlalu melebar ya haha..padahal saya hanya ingin memberikan link download untuk buku Burung-Burung di TNBTS. Oke berikut ini adalah link downloadnya...langsung sundul aja bro haha

Download Buku Burung-Burung di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

0 komentar

Post a Comment