Thursday, September 21, 2017

Beberapa Ordo Utama Serangga (Insekta)

Advertisement

Serangga atau kelas insekta merupakan kelompok hewan dengan keanekaragaman yang sangat tinggi, Jumlahnya melebihi semua hewan yang ada di muka bumi. Mereka hidup hampir pada semua lingkungan darat, mereka juga hidup di air tawar dan banyak yang dapat terbang di udara. Kelas insekta tersusun atas sekitar 26 ordo namun dalam artikel ini saya akan menjelaskan beberapa ordo utama saja, tidak semuanya.

Ordo Anoplura

Merupakan parasit tanpa sayap dengan tipe mulut penghisap, tubuhnya pipih dan kecil serta mata yang mereduksi, kaki dengan tarsi yang mirip cakar untuk menempel pada kulit, mengalami metamorfosis tak sempurna, dan umumnya memiliki inang yang spesifik. Terdapat sekitar 2400 jenis anoplura dan contohnya adalah kutu tubuh manusia.

Ordo Coleoptera

Memiliki dua pasang sayap yang sepasang tebal dan sepasang tipis seperti membran, tubuhnya dilindungi eksoskeleton yang keras dngan mulut tipe penggigit dan pengunyah, mengalami metamorfosis sempurna. Sekitar 500.000 jenis coleoptera hidup di bumi dan contohnya adalah kumbang.

Ordo Dermaptera

Memiliki dua pasang sayap yang satu tebal dan satu tipis seperti membran atau tak bersayap sama sekali, tipe mulut penggigit, memiliki capit besar di ujung posterior tubuhnya, dan mengalami metamorfosis tak sempurna. Jenis dermaptera mencapai 1000 dan contohnya adalah earwing.

dermaptera
Earwing, ordo dermaptera

Ordo Diptera

Memiliki satu pasang sayap dan halter sebagai organ keseimbangan, mulut untuk menghisap menusuk atau menelan, mengalami metamorfosis sempurna. Terdapat sekitar 120.000 jenis dan contohnya adalah lalat dan nyamuk.

Ordo Hemiptera

Memiliki dua pasang sayap yang sepasang tebal dan sepasang seperti membran, mulut tipe penusuk dan penyedot, serta mengalami metamorfosis tak sempurna. Hampir 55.000 jenis hemiptera hidup di bumi dan contohnya adalah kutu busuk dan bedbug.

Kutu busuk, ordo hemiptera

Ordo Hymenoptera

Memiliki dua pasang sayap bermembran, kepala dapat bergerak dengan bagian mulut untuk mengunyah atau menghisap, betina memiliki organ penyengat di bagian posterior, mengalami metamorfosis sempurna dan banyak yang bersifat sosial atau hidup berkoloni. Terdapat sekitar 100.000 jenis contohnya lebah dan tawon.

Ordo Isoptera

Memiliki dua pasang sayap bermenbran, namun beberapa tahapan tidak bersayap. Mulut tipe pengunyah dan mengalami metamorfosis tak sempurna, bersifat sangat sosial. Sekiyar 2000 jenis isoptera hidup di bumi dan contohnya adalah rayap.

Ordo Lepidoptera

Memiliki dua pasang sayap yang ditutupi sisik-sisik kecil, memiliki lidah panjang yang melilit dan digunakan untuk menghisap, mengalami metamorfosis sempurna. 140.000 jenis diperkirakan hidup dan contohnya adalah kupu-kupu raja.

Ordo Odonata

Memiliki dua pasang sayap yang bermembran, bagian mulut tipe penggigit, mengalami metamorfosis tak sempurna. Terdapat sekitar 5000 jenis hidup di bumi dan contohnya adalah capung.

Ordo Orthoptera

Memiliki dua pasang sayap dengan sepasang tebal dan sepasang bermembran, tipe mulut penggigit dan pengunyah, mengalami metamorfosis tak sempurna. Terdapat sekitar 30.000 jenis yang hidup dan contohnya tonggeret.

orthoptera
Tonggeret, ordo orthoptera

Ordo Siphonaptera

Tidak memiliki sayap dengan tubuh pipih jika dilihat dari atas, hewan dewasa menghisap darah dari burung dan mamalia, memiliki bagian mulut untuk menusuk dan menyedot, kaki kuat untuk meloncat, dan mengalami metamorfosis sempurna. Terdapat 2000 jenis dan contohnya adalah kutu penghisap darah.

Ordo Trichoptera

Memiliki dua pasang sayap berambut, bagian mulut untuk mengunyah dan menelan, mengalami metamorfosis sempurna, larva tinggal di air dan membangun jaring sutera atau pembungkus dari pasir atau kayu yang terikat sutera. Terdapat sekitar 7000 jenis dan contohnya adalah caddisfly.

caddisfly
Larva caddisfly, ordo trichoptera

0 komentar

Post a Comment