Saturday, May 6, 2017

Senangnya Memetik Apel di Malang

Advertisement

Apel, buah yang banyak digemari orang di berbagai belahan dunia ternyata dapat dijumpai perkebunannya di Malang. Sejak bertahun-tahun yang lalu, apel telah menjadi komoditas utama Malang dan menjadi ikon daerah tersebut. Bila kita jalan-jalan ke Malang terasa tidak sah rasanya apabila tidak membeli apel segar atau olahan apel sebagai oleh-oleh.

Selain menjadi barang yang diperjualbelikan, ternyata apel telah berkembang menjadi sarana wisata yang menarik. Wisata petik apel namanya. Pengunjung datang ke perkebunan apel, melihat-lihat kebun, mencari apel yang masak, boleh memetiknya dan dimakan langsung. Walaupun kita terbiasa makan apel, namun sensasinya berbeda apabila kita memetiknya langsung dari pohon hehehe.

Kita bisa memetik apel sendiri di Malang

Banyak kebun-kebun apel di Malang menyediakan paket wisata petik apel ini. Pengunjung cukup menghubungi pemilik kebun dan membayar harga tiket masuk untuk dapat berkeliling dan menikmati buah apel disana. Kadang-kadang ada juga kebun yang tidak hanya berisi tanaman apel, namun juga jeruk Malang yang terkanal manis…bolehlah menjadi pilihan apabila kurang suka dengan apel.

Pohon apel biasanya tidak terlalu tinggi dan bisa dijangkau tanpa bantuan alat-alat apapun. Anak kecilpun dapat memetik apel dengan tangan mereka sendiri. Setelah dipetik jangan lupa dicuci dulu sebelum dimakan ya! Karena beberapa petani apel kadang menyemprotkan obat-obatan kimia pada tanamannya agar tidak diserang hama dan penyakit.

Apel yang ditanam di sana adalah jenis apel hijau yang akan memunculkan sedikit warna merah ketika sudak masak, dikenal dengan nama apel lokal atau apel malang. Buahnya bervariasi dari berukuran kecil sebesar bola golf hingga sebesar kepalan tangan orang dewasa. Apabila telah masak rasanya manis-manis dan agak sedikit asam yang justru membuat citarasanya semakin kaya. Struktur apel malang keras dan renyah apalagi kalau baru saja dipetik dari pohonnya.

Sebenarnya hamipr setiap waktu dapat dijumpai pohon apel yang berbuah, namun waktu yang paling tepat adalah ketika awal atau pertengahan musim kemarau ketika panen raya tiba. Saat-saat inilah hampir semua pohon apel berbuah dan kita dapat puas memetik dan memakan apel langsung di kebunnya. Jangan lupa untuk membawa pulang sebagai oleh-oleh keluarga di rumah ya!

0 komentar

Post a Comment