Saturday, May 6, 2017

Jalan-Jalan ke Pulau Sempu, Malang

Advertisement

Malang adalah daerah indah yang layak dijadikan salah satu referensi perjalanan anda. Kota ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari taman hiburan, kebun apel, taman bunga, pantai, hingga museum-museum dapat ditemukan di tempat ini.

Salah satu tempat wisata indah namun kurang begitu ramai adalah pulau sempu di pesisir Malang. Wisata alam di pulau ini kurang digarap oleh pemerintah daerah sehingga belum banyak orang mengetahui potensinya. Namun jangan salah, pulau ini adalah tempat yang indah untuk dinikmati keindahan pantai dan alamnya.

Pengunjung dapat menuju pulau tersebut dengan naik kapal kecil dalam waktu 10 hingga 15 menit, tidak terlalu jauh dari daratan utama. Di pinggir pulau, pengunjung akan disuguhi panorama pantai yang indah. Pasir putih nan bersih dan indah membantang di pulau tersebut. Pantai tersebut begitu bersih karena tidak banyak pengunjungnya. Air lautnya juga jernih yang memungkinkan kita dapat melihat ke dasar laut yang tidak terlalu dalam.

segara anakan
Panorama segara anakan di sempu.

Apabila tidak puas dengan pantai, pengunjung dapat berjalan menjelajahi pulau untuk mencapai segara anakan. Segara anakan adalah danau berair asin yang terdapat di bagian belakang pulau. Danau tersebut berair asin karena antara danau dan laut hanya dibatasi oleh gugusan dinding batu karang yang rapat. Di tengah-tengah batu tersebut terdapat lubang yang memungkinkan air laut dapat masuk dan mengisi cekungan di dalam pulau.

Karena tidak secara langsung berbatasan dengan laut, danau ini tidak berarus dan nyaman sekali untuk dijadikan tempat berenang. Di danau ini juga banyak ditemukan ikan yang dapat dipancing oleh pengunjung yang suka menangkap ikan. Namun kalau pengunjung datang ke segara anakan perlu hati-hati karena disana terdapat kumpulan monyet ekor panjang yang suka usil mengambil barang yang tidak dijaga pemiliknya.

Apabila anda berjalan-jalan di pulau sempu, hal utama yang harus diperhatikan adalah membawa persediaan air yang banyak. Karena di sini tidak ada penduduk yang tinggal dan tidak ada penjual minuman. Selain itu untuk dapat mencapai sumber air tawar dibutuhkan perjalanan yag panjang dan cukup lama. Air menjadi kebutuhan utama bagi siapa saja yang ingin berjalan-jalan lama di pulau sempu.

0 komentar

Post a Comment