Friday, May 5, 2017

Jalan-Jalan di Sabana Baluran

Advertisement

Sabana, padang rumput luas yang kerap kita saksikan dalam film dokumenter hewan-hewan ternyata bisa juga kita saksikan di Indonesia lho. Ya..di Indonesia juga terdapat padang rumput yang indah seperti Afrika, juga lengkap dengan hewan-hewannya. Dimanakah letak padang rumput itu? jawabannya adalah di Taman Nasional Baluran di Situbondo Jawa Timur.

Taman Nasional Baluran adalah sebuah wahana konservasi sumber daya alam yang juga menjadi tempat wisata alam nan menarik. Selain disuguhi dengan pemandangan alam yang indah, di tempat ini kita dapat juga menyaksikan hewan-hewan liar yang berkeliaran kesana-kemari. Baluran memang memiliki banyak spot wisata, ada pantai, ada gunung, ada terumbu karang, namun yang paling menarik dan menjadi ikon baluran adalah sabana tersebut.

wisata di baluran
Ini nih penampakan sabana Baluran dengan background gunung Baluran (foto ketika musim kemarau)

Sabana ini terletak di tengah-tengah taman nasional dan dikelilingi hutan dataran rendah yang cukup luas. Petugas Taman Nasional Baluran menyebut sabana ini dengan nama Bekol. Pada musim hujan rumput-rumput yang tumbuh di sabana tersebut akan berwarna hijau, segar, dan subur. Namun ketika musim kemarau tiba, rerumputan akan kering menguning yang justru menambah keindahan sabana ini.

Jalan-jalan di sabana Bekol sangat menyenangkan, padang luas dipenuhi rumput yang indah dengan latar belakang gunung Baluran yang mengagumkan. Situasi di sabana ini benar-benar mirip sekali dengan sabana-sabana yang ada di benua hitam Afrika. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila tempat ini disebut sebagai Afrika van Java.

Keindahannya semakin lengkap dengan banyaknya hewan-hewan yang berkeliaran mencari makan di tempat itu. Kita dapat dengan mudah menjumpai kawanan rusa timor, monyet ekor panjang, burung merak hijau, burung elang tikus, burung alap-alap sapi, dan jenis burung yang lain. Apabila beruntung, pengunjung dapat menyaksikan kawanan banteng jawa yang populasinya tinggal sedikit di alam bebas. Berfoto dan selfie-selfian dengan latar belakang gunung Baluran dan hewan-hewan sabana akan menjadi oleh-oleh yang indah ketika mengunjungi tempat ini.

Di tengah sabana terdapat jalan aspal yang dapat dilewati kendaraan bermotor, sehingga memudahkan pengunjung untuk datang dan menjeajahinya. Di dekat sabana terdapat kantor taman nasional dan juga terdapat wisma bagi tamu yang ingin menginap dan menikmati keindahan baluran selama beberapa hari. Jadi apabila wisatawan ingin lama-lama menikmati keindahan alam Baluran, tidak menjadi masalah dan very easy..semua sarana tersedia.

0 komentar

Post a Comment