Friday, March 3, 2017

Tidak ada Harimau dengan Loreng yang Sama !

Advertisement

Harimau (Panthera tigris) merupakan keluarga kucing dengan ukuran paling besar, bahkan lebih besar dari singa. Harimau umumnya tinggal di daerah hutan lebat, tidak seperti singa yang lebih menyukai padang rumput yang luas. Walaupun tubunya besar harimau memiliki kecepatan lari yang luar biasa kencang, bahkan di keluarga kucing harimau hanya kalah cepat dari chetah. Salah satu fakta unik pada harimau adalah mereka memiliki pola belang yang khas, tidak pernah sama antara satu harimau dengan lainnya.

Pola belang yang unik ini seperti sidik jari pada manusia, dimana antara orang yang satu dan lainnya pasti berbeda. Jumlah belang pada harimau selalu lebih dari 100, dengan warna coklat dan hitam. Namun dalam beberapa kasus, terdapat harimau putih yang belangnya berwana hitam dan putih. Harimau putih bukanlah harimau albino, mereka berwarna putih karena penaruh gen resesif. 


harimau siberia
Harimau siberia

Belang harimau berfungsi sebagai kamuflase untuk menyamakan keberadaannya di alam. Bayangkanlah seekor harimau yang bersembunyi di rerumputan ilalang tentu akan sangat sulit untuk dilihat hewan lain. Selain sebagai kamuflase, belang harimau juga sebagai tanda bagi induk harimau untuk mengenali anak-anaknya.

Perbedaan belang harimau ini diakibatkan karena rekombinasi gen-gen yang terdapat dalam kromosomnya. Karena pengaruh rekombinasi genetik, belang-belang pada orang tua akan berbeda dengan belang pada anaknya. Bahkan pada harimau saudara yang lahir bersamaan pun, belangnya akan berbeda cukup jelas. Bagi manusia mungkin sulit untuk membedakan perbedaannya, namun bagi induk harimau mungkin membedakannya sangat mudah.

Terdapat 9 subspesies harimau di dunia, 6 di antaranya masih hidup di alam sedangkan 3 telah punah.
  • Harimau indocina (Panthera tigris corbetti) - dapat ditemukan di Malaysia, Kamboja, Republik Rakyat Tiongkok, Laos, Myanmar, Thailand, dan Vietnam.
  • Harimau benggala (Panthera tigris tigris) - dapat ditemukan di Bangladesh, Bhutan, Republik Rakyat Tiongkok, India, dan Nepal.
  • Harimau cina selatan (Panthera tigris amoyensis) - dapat ditemukan di padang rumput tengah dan barat Republik Rakyat Tiongkok.
  • Harimau siberia (Panthera tigris altaica) - dapat ditemukan di hutan hujan dan padang rumput Republik Rakyat Tiongkok, Korea Utara, dan Asia Tengah di Russia.
  • Harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) - dapat ditemukan di Sumatera.
  • Harimau malaya (Panthera tigris jacksoni) - dapat ditemukan di Semenanjung Malaysia
  • Harimau kaspia (Panthera tigris virgata) - yang telah punah sekitar 1950an. Dulu ditemukan di Afganistan, Iran, Mongolia, Turki, dan kawasan Asia tengah Rusia.
  • Harimau jawa (Panthera tigris sondaica) - yang telah punah sekitar 1972. Dulu ditemukan di hutan hujan pulau Jawa, Indonesia.
  • Harimau bali (Panthera tigris balica) - yang telah punah sekitar 1937. Dulu ditemukan di hujan kepulauan Bali, Indonesia.
Diantara semua 9 subspesies harimau tersebut, harimau siberia memiliki ukuran paling besar sedangkan harimau sumatera yang berukuran paling kecil.

0 komentar

Post a Comment