Wednesday, March 22, 2017

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keanekaragaman Vegetasi

Advertisement

Vegetasi adalah jenis tumbuh-tumbuhan yang hidup di permukaan bumi. Antara satu tempat dengan tempat lain kadang memiliki vegetasi yang mirip atau berbeda jauh. Vegetasi ini sangat mempengaruhi hewan-hewan yang hidup di daerah tersebut, daerah dengan vegetasi yang kaya umumnya akan menjadi tempat tinggal banyak jenis hewan pula.

Contoh vegetasi yang mirip adalah vegetasi hutan-hutan pegunungan di berbagai tempat di Indonesia. Antara pegunungan yang satu dan lainnya tumbuh jenis tumbuhan yang hampir sama karena memiliki karakteristik lokasi yangsama. Sedangkan contoh vegetasi yang berbeda adalah hutan pegunungan dengan hutan bakau. Hutan bakau umumnya tumbuh di daerah pasang surut sehingga tumbuhan yang hidup di daerah tersebut sangat berbeda dengan yang hidup di daerah pegunungan.
Keanekaragaman vegetasi di suatu tempat dipengaruhi oleh beberapa faktor sebagai berikut.

Faktor elevasi
Elevasi atau ketinggian suatu tempat sangat berpengaruh terhadap keanekaragaman tumbuhan di tempat tersebut. Tempat ber-elevasi tinggi akan memiliki jenis tumbuhan berbeda dengan tempat ber-elevasi rendah. Tinggi rendahnya suatu tempat berpengaruh terhadap suhu, kelembaban, dan ketersediaan air sehingga berpengaruh terhadap jenis tumbuhan yang hidup.

Faktor kesuburan tanah
Kesuburan tanah akan mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan. Tempat dengan tanah yang subur akan lebih banyak memiliki jenis tumbuhan dibandingkan tempat yang kurang subur. Misalnya saja daerah lereng gunung Merapi yang subur menjadi tempat hidup berbagai macam tumbuhan, namun lereng gunung Bromo yang tandus membuat hanya jenis-jenis rumput yang dapat tumbuh baik di sana.

Vegetasi hutan hujan tropis

Faktor iklim
Iklim di Indonesia dengan India sama-sama tropis sehingga tumbuhan yang tumbuh hampir sama. Namun iklim di negara kita berbeda dengan Jepang yang beriklim subtropis. Daerah dengan iklim tropis memiliki keanekaragaman tumbuhan yang tinggi sedangkan subtropis memiliki keanekaragaman tumbuhan yang tidak terlalu tinggi. Tempat dengan iklim kutub yang sangat dingin umumnya akan memiliki vegetasi yang miskin jenis dan hanya ditumbuhi rumput kecil dan lumut.

Faktor biologis
Faktor biologis yang dimaksud disini adalah segala makhluk hidup yang ada di suatu tempat. Interaksi antar makhluk-makhluk hidup tersebut akan membuat vegetasi yang berbeda antara tempat satu dengan lainnya. Karena hewan dapat menjadi pembantu dalam proses penyerbukan ataupun membantu penyebarkan biji. Bila di suatu tempat banyak terdapat hewan hebivora maka vegetasi di tempat tersebut akan lebih cepat berkurang karena dimakan oleh hewan tersebut. Aktivitas manusia juga mempengruhi tipe vegetasi di suatu tempat.

Keempat faktor di atas, semuanya saling berinteraksi sehingga menciptakan vegetasi-vegetasi yang berbeda di tempat yang berbeda. Indonesia adalah negera yang kaya akan jenis tumbuhan dan dianggap sebagai salah satu paru-paru dunia. Keanekaragaman jenis tumbuhan di Indonesia merupakan salah satu yang tertinggi dibandingkan negara lain di dunia.

0 komentar

Post a Comment