Saturday, July 2, 2016

Si Cantik Burung Quetzal

Advertisement

Quetzal adalah burung dari jenis trogon (luntur-lunturan) yang hidup di hutan hujan pegunungan Amrika Tengah. Burung ini memiliki warna dan struktur bulu yang sangat indah sehingga dikenal sebagai salah satu burung paling cantik di dunia. Bulunya merupakan perpaduan antara warna hijau, biru, dan merah mengkilap yang sangat cantik dipandang mata.

Burung yang memiliki nama ilmiah Pharomachrus moccino ini akan nampak lebih menarik ketika musim kawin tiba. Dimana si jantan akan menumbuhkan sepasang bulu di ekornya yang panjangnya dapat mencapai 1 meter. Bulu panjang ini digunakan untuk menarik perhatian betina yang menjadi incarannya. Si betina sendiri tidak memiliki bulu ekor panjang seperti jantan. Betina umumnya lebih menyukai jantan dengan bulu yang lebih panjang dan lebih indah.

burung quetzal
Burung Quetzal (Pharomachrus moccino)

Mereka merupakan burung pemakan buah kecil, serangga, dan hewan kecil macam kadal dan katak. Menjelang kawin, quetzal akan membangun sarang berupa lubang di pohon yang digunakan betina untuk bertelur. Quetzal betina akan bertelur dua hingga tiga butir telur yang dan dierami selama beberapa minggu. Anak-anak quetzal dapat terbang setelah berumur 3 minggu.

Burung ini dianggap suci oleh suku maya dan aztec di Amerika Tengah. Pemimpin-pemimpin spiritual di suku tersebut sering menggunakan bulu burung ini sebagai penghias kepala dalam ritual-ritual khusus. Quetzal juga merupakan burung yang menjadi lambang negara Guatemala. Bahkan satuan mata uang di Guatemala juga disebut dengan quetzal.

Karena kecantikannya, burung ini sering diburu untuk diperdagangkan sebagai hewan peliharaan. Oleh sebab itu jumlahnya di alam kian menipis dan kini termasuk burung langka yang dilindungi.

0 komentar

Post a Comment