Friday, April 8, 2016

Tips Agar Skripsi Cepat Selesai

Advertisement

Skripsi atau tgas akhir adalah momok bagi banyak mahasiswa sarjana tingkat akhir, kaya kamu yang lagi baca artikel ini hehehe. Skripsi menjadi momok atau masalah karena kadang untuk menyelesaikannya dibutuhkan waktu yang cukup lama, bisa 1 semester, 1 tahun, 2 tahun atau bertahun-tahun. Skripsi menjadi lama karena kita harus selalu meminta bimbingan dari dosen tentang metode maupun tata cara penulisan. Padahal untuk janjian bimbingan kadang susahnya minta ampun, harus antri dengan mahasiswa-mahasiswa yang lain. Tapi mau bagaimana lagi, kamu sebagai mahasiswa harus menerima karena itu semua demi kebaikanmu.

Nah..berikut ini adalah beberapa tips untuk kamu adek-adek mahasiswa agar skripsimu lekas selesai.

Jangan menunda mengerjakan skripsi

Setiap detik kamu menunda skripsi maka akan menjadi bumerang untuk dirimu sendiri. Salah satu tantangan skripsi adalah batas waktu yang begitu longgar untuk mengerjakannya. Tidak ada dosen yang mengejar-ngejar kita untuk segera mengumpulkannya, sehingga bagi mahasiswa yang kurang rajin kadang terlena dan malah tidak dikerjakan. Skripsi akan lebih mudah bila dikerjakan bersama-sama teman seperjuangan, bila kamu menunda hingga teman-temanmu telah lulus, kamu akan merasa lebih berat lagi dalam mengerjakannya...saya pastikan itu.

Jangan malas bimbingan
Pernah suatu ketika saya bertanya kepada teman saya yang sedang skripsi, berapa lama kamu bimbingan dengan dosenmu sekali pertemuan? Teman saya menjawab 3 hingga 5 jam. Wow..sungguh luar biasa menjemukan sekali duduk di hadapan dosen mendengarkan ceramahnya begitu lama tentang skripsi kita. Namun kamu tetap harus bersabar dan tekun, dan yakinlah bahwa skripsi pasti berlalu. Yang penting bimbingan bimbingan dan bimbingan.

Jangan membuat marah dosen
Beberapa hal yang membuat skripsi lama adalah sulitnya bimbingan dengan dosen. Beberapa kasus yang pernah saya temukan dulu adalah, ada dosen yang tersinggung dengan perbuatan atau kata-kata mahasiswanya sehingga membuatnya malas membimbing mahasiswa tersebut. Hasilnya adalah skripsi moloooooor tidak selesai-selesai karena dosen tidak mau memimbing.

Buatlah dosen kamu senang
Cara kuno yang masih tetap berlaku hingga sekarang. Kalau dosen kamu menyukaimu maka beliau pasti akan membantumu agar cepat menyelesaikan skripsimu dan tidak akan menyulitkanmu. Bagaimana cara membuat dosen senang? Pikirkan sendiri hehehehe. Mungkin bisa dengan memberinya hadiah-hadiah kecil, membantunya dalam penelitian, menjenguknya ketika sedang sakit, atau menjadi asisten dosen tersebut.


Jangan skripsi sambil bekerja
Mungkin kamu akan bilang bahwa skripsi itu banyak waktu luangnya dan bisa disambi bekerja sampingan. Hal itu sangat salah besar. Bagi orang yang pernah skripsi tentu tahu bahwa untuk dapat bimbingan dengan dosen, kita kadang harus menunggu dari pagi hingga sore hanya untuk menunggu waktu luang dosen kita. Jadi sangatlah sulit untuk bekerja di sela-sela skripsi kecuali untuk kamu-kamu yang dapat mengatur waktu dengan sangat baik sekali.

Sering-seringlah berdiskusi dengan teman
Teman-teman seperjuangan merupakan tempat curhat dan sharing informasi yang sangat penting. Kamu bisa memperoleh informasi yang berguna dari skripsi teman-temanmu yang mungkin dapat menjadi ide hebat bila kamu terapkan dalam skripsimu. Ingat hanya diskusi, bukan menjiplak atau meminta temanmu mengerjakan skripsimu.

Jangan membeli skripsi
Sekarang ini mah banyak sekali fasilitas skripsi bodong yang ditwarkan bagi mahasiswa yang malas mengerjakannya. Jasa yang ditawarkan bervariasi mulai dari 1 juta hingga 5 juta rupiah per skripsi. Namun membeli skripsi dapat membawa malapetaka dalam sidang akhir penentuan kelulusan. Kalau kamu tidak membuat skripsimu sendiri, kamu tidak akan paham isi skripsimu. Kalau kamu tidak paham, kamu tidak dapat menjawab pertanyaan dosen ketika sidang akhir. Kalau kamu tidak mampu menjawab, bisa-bisa kamu disuruh mengulang skripsmu lagi dari awal. Doooor....kelar idup lo.

Itulah sedikit tips mengerjakan skripsi dari saya, seorang mantan pejuang skripsi. Semoga bermanfaat bagi adek-adek semua. Tetap semangat skripsi, tetap sabar, tetap berdoa, dan semoga kamu cepat lulus. Ingat jangan hanya kerja keras tapi harus kerja cerdas juga.

1 komentar:

  1. Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
    selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agen.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone :082276603391
    PIN : 5364257d

    ReplyDelete