Wednesday, January 20, 2016

Diare, Obati saja dengan Bibahong

Advertisement

Binahong (Brasella rubra) merupakan tumbuhan yang memiliki beragam khasiat kesehatan. Binahong merupakan tumbuhan merambat yang memiliki daun menyerupai hati dengan tekstur halus dan cukup tebal. Tumbuhan ini mudah sekali tumbuh pada berbagai kondisi tanah dan suhu lingkungan. Pertumbuhannya sangat cepat, hingga kadang dianggap tumbuhan pengganggu karena akan merambat dan menutupi di tumbuhan sekitarnya. Salah satu khasiat binahong adalah dapat menjadi obat alami bagi penyakit diare atau mencret.

Penyakit diare muncul karena beberapa sebab, salah satunya adalah karena pertumbuhan bakteri yang terlalu banyak di dalam usus. Konsumsi makanan yang tidak higienis dan stress dapat menjadi penyebab utama melimpahnya bakteri tersebut. Pertumbuhan bakteri yang berlebihan akan membuat penyerapan air di usus besar terganggu sehingga menyebabkan feses menjadi cair. Gas-gas yang dihasilkan bakteri tersebut sebagian akan diserap oleh usus dan dibawa peredaran darah menuju otak sehingga kadang memunculkan rasa pusing.

brasella rubra
Tumbuhan binahong

Diare ditandai dengan perut kembung yang kadang disertai sakit perut, feses cair, dan juga dapat memicu pusing serta muntah. Apabila tidak ditangani dengan benar, penyakit diare dapat menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Penderita diare juga akan lemas karena makanan yang dimakan umumnya tidak tercerna dengan sempurna. Dokter biasanya akan memberikan antibiotik dan obat pengeras feses untuk mengobati diare.

Namun dengan binahong, kita dapat menyembuhkan diare tanpa obat-obatan dokter. Binahong mengandung protein, lemak, vitamin A, C, E, K, B9, riboflavin, niasin, tiamin, basellasaponin, kaempherol, betalin, dan beberapa mineral seperti kalsium, magnesium, dan besi. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak binahong memiliki khasiat sebagai senyawa antimikroba, yaitu senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan ataupun membunuh berbagai macam bakteri.

Untuk mengobati diare, pederita dapat merebus daun binahong ataupun mengkonsumsinya langsung. Perebusan dapat dilakukan dengan menggunakan 2 gelas air dan direbus hingga menyisakan 1 gelas air. Konsumsi ekstrak binahong 3 kali sehari dapat mempercepat penyembuhan diare tanpa konsumsi obat kimia.

Binahong telah dikenal sejak jaman dahulu kala sebagai obat alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Konsumsi obat-obatan herbal dipercaya lebih aman bagi tubuh karena tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Warga Tiongkok dan India telah menggunkan binahong untuk mengobati berbagai penyakit sejak lama. Bahkan daun masuk dalam menu makanan sehari-hari sebagai lalapan untuk berbagai jenis masakan. Tumbuhan ini banyak di jual di pedagang tanaman hias dan dapat dijadikan sebagai tanaman pagar untuk membatasi pekarangan.

0 komentar

Post a Comment