Friday, January 29, 2016

Apa itu Ivy League?

Advertisement

The Ivy League adalah sebutan untuk kelompok 8 Universitas elit di wilayah Timur Laut Amerika. Ke delapan universitas tersebut adalah Brown University, Columbia University, Cornell University, Dartmouth College, Harvard University, University of Pennsylvania, Princeton University, dan Yale University. Ke-delapan universitas tersebut menjadi lambang pendidikan tinggi yang berkualitas di Amerika. Anggota Ivy League memiliki peringkat tinggi dalam daftar universitas terbaik dunia, terutama Harvard yang sering menjadi peringkat 1 dunia.

Banyak penemuan-penemuan besar dan orang besar yang dilahirkan dari  universitas tersebut. Siapa tidak kenal dengan Barrack Obama, presiden Amerika yang merupakan lulusan dari Columbia University. Siapa yang tidak mengenal Bill gates dan Mark Zuckenberg masing-masing adalah penemu Microsoft dan Facebook yang pernah menempuh pendidikan di Harvard University. Kebesaran nama universitas yang tergabung dalam Ivy League membuat lulusan dari universitas tersebut tidak akan kesulitan dalam memperoleh pekerjaan yang berkualitas.

Peringkat dunia

Peringkat dunia untuk universitas dalam Ivy League dapat berubah setiap tahun, dan tergantung dari lembaga mana yang melakukan penilaian. Dalam hal ini, Forbes pada tahun 2015 memberi peringkat pada masing-masing anggota Ivy League sebagai berikut.
Nama Universitas
Peringkat Dunia
Harvard University
2
Princeton University
7
Yale University
10
Columbia University
14
University of Pennsylvania
16
Cornell University
19
Brown University
54
Dartmouth College
>100
Dartmouth College memiliki peringkat yang paling buruk pada tahun 2015,  namun hal tersebut bukan berarti pendidikan di sana kurang baik. Untuk peringkat nasional sendiri Dartmouth menduduki peringkat 14. Bandingkan dengan Universitas terbaik Indonesia menurut Forbes, Universitas Gajah mada, yang menduduki peringkat >400.

Presiden AS dari Ivy League

Beberapa presiden Amerika adalah lulusan Ivi League, seperti James Madison dari Princeton University, William Henry Harrison dari University of Pennsylvania, William Howard Taft dari Yale University, dan George W Bush dari Harvard University. Barrack Obama, presiden Amerika saat ini merupakan lulusan dari 2 universitas Ivy League, dia lulus dari Columbia University pada tahun 1983 dan melanjutkan di Harvard hingga lulus pada tahun 1991.

Moto Universitas

Setiap universitas memiliki moto atau slogan yang menjadi dasar pendidikannya, demikian juga dengan Ivy League. Lux et veritas adalah moto dari Yale University yang berarti cahaya dan kebenaran. Leges sine moribus vanae dari University of Pennsylvania yang berarti hukum tanpa moral tidak berguna. Dei sub numine viget moto Princeton University yang berarti di bawah kekuatan tuhan dia tumbuh. Veritas moto dari Harvard University yang artinya kebenaran. In Deo Speramus dari Brown University yang berarti pada tuhan kami berharap. In lumine Tuo videbimus lumen moto dari Columbia University yang berarti di langit kita akan melihat cahaya. Vox clamantis in deserto moto dari Dartmouth College yang berarti suara tangisan seseorang yang lebih liar. Dan terakhir Cornel University memiliki moto would found an institution where any person can find instruction in any study, satu-satunya moto yang menggunakan bahasa inggris.

Ke-delapan uiversitas tersebut sering disebut sebagai ancient eight (delapan universitas masa lampau) karena didirikan pada masa sebelum kemerdekaan Amerika. Perlu diingat bahwa sebelum merdeka Amerika merupakan jajahan Inggris, 7 Universitas kecuali Cornell University didirikan pada masa-masa ini. Sedangkan Cornell University didirikan pada masa modern setelah Amerika merdeka. Semuanya merupakan universitas swasta kecuali Cornell University yang merupakan universitas semi-swasta. Karena itu, untuk dapat menyelesaikan pendidikan di Ivy League dibutuhkan dana yang cukup besar, namun sebanding dengan kualitas pendidikan yang akan diterima.

0 komentar

Post a Comment