Tuesday, August 18, 2015

Macam Sistem Organ dan Fungsinya

Advertisement

Manusia adalah organisme multiseluler yang kompleks dimana untuk melangsungkan hidupnya membutuhkan kerja dari berbagai macam alat tubuh. Tubuh tersusun atas sel-sel sebagai unit pembangun tubuh. Sel-sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama akan membentuk jaringan. Beberapa jaringan akan menyatu untuk membentuk organ, dan organ-organ yang memiliki fungsi yang bersesuaian akan membentuk sistem organ.

Sistem organ tersusun atas beberapa organ yang bekerjasama untuk menjalankan fungsi tertentu. Misalnya saja sistem pencernaan kita yang terdiri atas berbagai organ mulai dari mulut, lambung, hingga usus. Rusaknya salah satu organ dalam suatu sistem akan mengganggu kerja dari keseluruhan sistem organ tersebut. Apabila lambung mengalami kebocoran, tentu saja proses pencernaan makanan akan mengalami gangguan.

sistem organ manusia

Berikut ini adalah macam-macam sistem organ yang terdapat pada tubuh manusia.

No.
Sistem
Organ
Fungsi
1
Sistem pencernaan
Mulut, faring, esofagus, lambung, usus, hati, kantung empedu, dan pankreas
Mencerna makanan dan mengabsorbsi (menyerap) molekul-molekul yang sudah disederhanakan.
2
Sistem pernapasan
Hidung, faring, laring, trakhea, bonkus, dan paru-paru
Pertukaran gas, oksigen dihisap karena diperlukan oleh tubuh dan karbondioksida dikeluarkan dari jaringan dan tubuh.
3
Sistem gerak
Tulang, otot
Menyokong tubuh, menggerakkan tubuh, dan melindungi organ-organ dalam tubuh.
4
Sistem transportasi
Jantung, pembuluh arteri, vena, kapiler, pembuluh limfatik, dan kelenjar limfa
Mengangkut oksigen dan sari makanan ke seluruh bagian tubuh. Mengangkut karbondioksida dan sampah-sampah tubuh dari jaringan untuk dikeluarkan dari tubuh. Juga berperan dalam pertahanan tubuh (sistem limfatik).
5
Sistem ekskresi
Paru-paru, ginjal, kulit, dan hati
Mengeluarkan sisa metabolisme dari dalam tubuh dan menjaga keseimbangan cairan di dalam sel dengan lingkungan sekitarnya.
6
Sistem gerak
Otak, serabut saraf, simpul saraf, medulla oblongata, dan medulla spinalis
Menerima, mengolah, dan merespon setiap rangsang yang datang dari dalam maupun luar tubuh.
7
Sistem reproduksi
Testis dan penis (laki-laki), ovarium, oviduk, uterus, dan vagina (perempuan)
Perkembangbiakkan, menghasilkan keturunan baru.

Berbagai macam sistem organ tersebut akan bersatu dalam satu tubuh untuk membentuk organisme. Suatu organisme tidak dapat hidup normal (bahkan lama-kelamaan akan mati) apabila salah satu sistem organnya mengalami kerusakan. Semua sistem tubuh diperlukan dalam keadaan baik agar suatu organisme dapat melangsungkan kehidupannya.

Hewan memiliki sistem organ yang sama dengan manusia. Hanya saja dengan kompleksitas yang berbeda. Misalnya saja sistem saraf tangga tali yang dimiliki cacing planaria, sistem tersebut masih sangat sederhana bila dibandingkan dengan sistem saraf manusia yang sangat kompleks. Peredaran darah ikan yang hanya terdiri dari satu jalur yang melingkar masih lebih sederhana dari peredaran darah manusia yang terdiri atas peredaran darah besar dan peredaran darah kecil.

0 komentar

Post a Comment