Thursday, June 18, 2015

Melatih Otot Dada (Pektoralis Mayor)

Advertisement

Dada manusia tersusun atas otot pektoralis mayor. Otot ini nampak culup jelas pada pria, sedangkan pada wanita tidak terlalu jelas karena terletak di balik payudara. Otot pektoralis mayor berbentuk seperti kipas yang menempel pada sternum (tulang dada), klavikula (tulang rusuk), dan salah satu ujungnya menempel pada humerus (tulang lengan atas). Otot ini berfungsi dalam menggerakkan lengan atas dan membuat gerakan memutar pada lengan.

otot dada

Banyak pria sangat mendambakan memiliki otot dada yang bidang dan seimbang dengan bentuk tubuhnya. Apa maksud otot dada yang seimbang? seimbang yang dimaksud disini adalah sesuai dengan postur tubuh orang tersebut. Apabila seseorang memiliki postur tubuh tinggi, memiliki otot dada yang besar akan nampak sangat bagus. Namun untuk seseorang dengan tubuh pendek, otot dada yang terlalu besar justru dapat menyebabkan tubuhnya nempak semakin pendek ( contoh ilusi penglihatan).

Memperhatikan postur tubuh dalam melatih otot sangat diperlukan untuk menciptakan keseimbangan, bukan hanya "besar" saja.

Berikut ini adalah cara melatih dan membangun otot dada tanpa alat bantu yang mudah dilakukan dimanapun tempatnya. Caranya adalah dengan.....

PUSH UP...


Push up adalah gerakan menahan tubuh dengan kedua lengan di lantai. Badan digerakkan turun kemudian diangkat kembali ke posisi semula. Hampir semua orang pasti mengetahui cara push up yang benar karena telah diajarkan mulai dari sekolah dasar dan sekolah lanjutan.

Push up bagaimana yang efektif dalam membangun otot dada?


Untuk membangun otot dada menjadi bidang dan besar dibutuhkan push up yang teratur dan terus meningkat kuantitasnya. Berikut ini adalah langkah-langkah push up yang baik untuk melatih otot dada.

  • Lakukan push up sebanyak 10-15 kali (semampu anda).
  • Istirahatlah selama 1 menit.
  • Lakukan pengulangan dengan jumlah sama seperti langkah pertama.
  • Istirahat kembali selama 1 menit.
  • Lakukan pengulangan kembali.
  • Lakukan push up hingga mencapai batas kekuatan otot anda (artinya hingga anda tidak mampu melakukan push up lagi)
  • Lakukan push up ini 3 kali seminggu.

Dengan melakukan push up hingga mencapai batas kekuatan otot, akan memicu otot dada (dan juga trisep) untuk tumbuh lebih besar dan lebih kuat lagi. Sel-sel otot akan membelah dan bertambah banyak jumlahnya untuk menambah kekuatan otot dada tersebut. Makan makanan yang banyak mengandung protein akan sangat membantu proses pembesaran otot dada ini.

0 komentar

Post a Comment