Monday, June 29, 2015

Cara Mengatasi Kulit Wajah yang Kering

Advertisement

Kulit wajah kering kerap menjadi masalah karena mengganggu penampilan dan terasa tidak nyaman. Kulit kering akan nampak pecah-pecah, bersisik dan terlihat kurang indah dipandang mata. Kulit kering di wajah akan membuat wajah terasa kaku dan sangat mengganggu. Kulit kering biasanya akan semakin parah ketika musim kemarau, saat suhu udara panas dan kering. Bagaimanakah cara mengatasi kulit wajah yang kering?

kulit wajah kering

Banyak orang menggunakan pelembab untuk mengatasi kulit wajah yang kering. Pelembab biasanya dapat mengatasi kulit kering dengan mempertahankan kelembaban lapisan terluar kulit. Namun, pelembab tidak akan menyelesaikan permasalahan kulit kering secara tuntas karena hanya bersifat sementara saja. Apabila kulit tidak diberi pelembab maka kulit akan kering lagi seperti biasanya.

Cara yang cukup efektif untuk mengurangi atau menyelesaikan masalah kulit kering adalah dengan mengatur pola makan. Ya, pola makan. Nutrisi yang terkandung di dalam makanan sangat mempengaruhi kesehatan kulit anda sehingga dapat menguragi derita kulit kering. Makanan seperti apakah yang baik bagi kulit dan dapat menyelesaikan kulit kering pada wajah?

Vitaman A

Vitamin A, atau retinol adalah vitamin yang terkenal bagi kesehatan kulit. Vitamin A berperan dalam diferensiasi epidermis, mempengaruhi aktivitas dermal growth factor, menghambat aktivitas kelenjar sebasea, dan menekan pembentukan androgen.

Kekurangan vitamin A merupakan penyebab utama kulit yang kering dan bersisik. Keadaan kulit kering ini terjadi pada 40% orang dewasa di dunia. Kekurangan vitamin A yang cukup parah bahkan dapat menyebabkan kulit sangat bersisik yang disebut sebagai kelainan hyperkeratosis pillaris.

Untuk mengatasi masalah tersebut, rajin-rajinlah mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A. Hati, minyak ikan, dan kuning telur merupakan sumber vitamin A hewani. Sedangkan sayur-sayur yang berwarna kuning oranye dan hijau gelap merupakan sumber vitamin A nabati. Namun konsumsi vitamin A secara berlebihan juga dapat menyebabkan kelainan karena vitamin ini akan tertimbun di dalam tubuh.

Vitamin C

Vitamin C, atau asam askorbat juga memiliki peran penting dalam kesehatan kulit. Telah diketahui sejak lama bahwa vitamin ini mempengaruhi pembentukan kolagen di kulit. Kolagen adalah protein yang berfungsi untuk mempertahankan kekenyalan kulit karena berfungsi dalam pembentukan jaringan ikat. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan kulit kering ditandai dengan munculnya bibir pecah-pecah dan sariawan.

Vitamin C adalah vitamin larut air yang tidak dapat didimpan di dalam tubuh. Kelebihan vitamin ini akan dibuang bersama-sama dengan urin. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C juga baik untuk menangkal radikal bebas penyebab kerusakan jaringan. Buah dan sayur seperti jeruk, kiwi, stroberi, dan brokoli merupakan makanan yang banyak mengandung vitamin C.

Seng (Zn)

Seng bukanlah vitamin, namun merupakan mineral esensial yang diperlukan bagi kesehatan tubuh. Pada kulit, seng membantu mempertahankan struktur protein dan membran sel kulit. Selain itu, seng juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka dan melindungi kulit dari sinar UV. Seng dapat diperoleh dari kacang-kacangan, daging, kerang, dan hati.  

0 komentar

Post a Comment