Monday, May 11, 2015

Cerecet Jawa, Burung Terkecil di Jawa

Advertisement

Cerecet Jawa (Psaltria exilis) adalah burung terkecil yang ditemukan di Jawa. Burung mini ini berukuran lebih kecil dari burung pipit, dengan panjang tubuh hanya 8 cm dari ujung paruh hingga ujung ekor. Burung ini sedikit terbantu dengan ekor yang agak panjang sehingga membuatnya nampak tidak terlalu kecil. Besar burung ini kira-kira sama dengan ibu jari orang dewasa.

Cerecet jawa
Cerecet jawa

Burung yang memiliki nama lain pygmy tit ini masih berkerabat dekat dengan burung gelatik. Cerecet jawa memiliki tubuh yang berwarna coklat kelabu dengan tubuh bagian bawah coklat keputihan. Burung pemakan serangga yang sangat aktif mencari makan dalam kelompok kecil. Kedatangannya biasanya ditandai dengan suaranya yang lembut trrrr-trrrr-trrrr.

Mereka adalah burung yang cukup langka dan hanya ditemukan di daerah hutan yang masih asri dan jauh dari pemukiman warga. Menyukai habitat dengan ketinggian di atas 1000 mdpl, di hutan-hutan pegunungan.

Beberapa buku tentang burung menyatakan bahwa burung ini adalah endemik Jawa Barat (hanya ditemukan di Jawa Barat). Namun baru-baru ini juga ditemukan kelompok cerecet jawa di hutan Gunung Ungaran Jawa Tengah. Penemuan ini menjadi data baru yang membuktikan bahwa cercet jawa bukanlah burung endemik Jawa Barat. Tempat paling bagus untuk dapat mengamati burung ini adalah di Cibodas, Jawa Barat, populasinya di tempat ini kemungkinan lebih banyak dibandingkan daerah lain di Jawa.

0 komentar

Post a Comment