Thursday, May 7, 2015

Burung Poksai Kuda

Advertisement

Poksai kuda (Garrulax rufifrons) adalah burung endemik jawa barat dan jawa tengah yang cukup langka. Burung ini memiliki persebaran yang terbatas pada hutan-hutan primer dengan ketinggian lebih dari 1000 mdpl. Burung poksai kuda adalah burung berukuran agak besar, lebih kurang 27 cm dari ujung paruh hingga ujung ekor.

poksai kuda
Burung poksai kuda

Burung ini memiliki warna tubuh kecoklatan dengan dahi dan dagu kemerahan. Pada bagian sayapnya kadang-kadang memiliki warna coklat yang lebih gelap dibandingkan tubuhnya, sedangkan daerah lehernya memiliki warna coklat muda cenderung pucat. Salah satu ciri khas burung ini adalah ekornya yang panjang dan tubuhnya yang gempal. Tidak ada perbedaan morfologi antara poksai kuda jantan dan betina.

Di habitatnya, mereka sering muncul dalam kelompok kecil mencari makan dan terbang kesana-kemari. Makanan alami burung ini adalah serangga-serangga kecil yang ada di pohon dan semak-semak. Burung ini memiliki suara yang cukup menarik sehingga menyebabkan banyak orang tertarik untuk menangkap dan memeliharanya.

Poksai kuda tidak mudah terganggu dengan kehadiran jenis burung lain di dekatnya. Mereka cukup damai dengan jenis burung lain ketika mencari makan di satu pohon yang sama. Persebarannya di jawa memang sangat terbatas, namun di habitatnya mereka cukup mudah dijumpai karena ukurannya yang cukup besar.

0 komentar

Post a Comment