Wednesday, April 15, 2015

Kepudang Kuduk Hitam Lambang Provinsi Jawa Tengah

Advertisement

Banyak orang Jawa Tengah tidak tahu bahwa lambing daerahnya adalah burung Kepudang kuduk hitam atau biasa disebut kepudang saja. Kepudang kuduk hitam (Oriolus chinensis) merupakan burung yang menarik dengan warna tubuh kuning dan akan nampak menyala saat tertimpa sinar matahari. Burung yang indah, pantaslah pemerintah Jawa Tengah menjadikannya sebagai lambang daerah.


Kepudang berukuran sedang (26 cm) dengan tubuh mayoritas kuning terang. Terdapat garis hitam yang melewati mata dan tengkuk (bagian belakang leher) sehingga dia memperoleh nama tambahan “kuduk hitam”. Mereka memiliki paruh merah jambu dengan kaki berwarna hitam.

Sekitar 20 tahun yang lalu, jumlah burung ini di alam sangat melimpah. Bahkan dapat mudah dijumpai karena biasanya mereka beraktivitas dalam kelompok besar dan mengerumuni pohon-pohon yang sedang berbunga dan berbuah. Dulu mereka dapat dijumpai dengan mudah di persawahan dan pinggiran kampung yang ditumbuhi banyak pohon.

Namun sekarang jumlah burung ini telah berkurang drastis. Mereka kerap diburu dan diperjualbelikan sehingga jumlahnya kian menipis tahun demi tahun. Bahkan saat ini, untuk dapat melihat burung ini dalam keadaan bebas, kita harus pergi ke daerah hutan-hutan yang agak jauh dari keramaian manusia.

Sebenarnya burung ini tidak hanya terdapat di jawa tengah, bahkan mereka dapat ditemuai di seantero pulau jawa. Mereka juga hidup liar di sumatera, bali, dan Kalimantan serta pulau-pulau kecil di sekitar nusa tenggara.

0 komentar

Post a Comment