Friday, April 24, 2015

Evolusi Konvergen dan Divergen

Advertisement

Evolusi adalah proses terciptanya spesies baru melalui waktu yang sangat lama melalui peristiwa mutasi dan seleksi alam. Keanekaragaman hewan dan tumbuhan yang ada saat ini merupakan perkembangan dari hewan dan tumbuhan yang ada di masa lampau.

Contoh yang sangat sederhana tentang evolusi adalah munculnya berbagai ras anjing di dunia ini, walaupun mereka semua masih dikategorikan 1 spesies namun memiliki perbedaan morfologi yang besar dan tak menutup kemungkinan nantinya dapat terpecah dan berkembang menjadi spesies baru. Padahal nenek moyang anjing adalah serigala liar yang dipelihara hingga jinak dan akhirnya menjadi hewan peliharaan turun-temurun hingga memunculkan banyak ras-ras baru.

Konsep evolusi dapat dibedakan menjadi evolusi konvergen dan evolusi divergen.

Evolusi Konvergen

Evolusi konvergen adalah munculnya individu dengan bentuk morfologi yang mirip walaupun berasal dari garis keturunan yang berbeda. Contoh yang mudah dipahami adalah pada tumbuhan kaktus Cereus Jamacaru dan euporbia Euphorbia echinus. Aantara E.jamacaru dan E.echinus memiliki bentuk morfologi yang mirip, dimana keduanya sama-sama memiliki daun yang dimodifikasi menjadi duri dan dilapisi zat lilin, juga adanya struktur akar yang sangat dalam menembus permukaan bumi.

cereus jamacaru
Kaktus Cereus jamacaru
euphorbia echinus
Euporbia Euphorbia echinus

C.jamacaru dan E.echinus adalah tumbuhan yang berbeda dan berasal dari garis keturunan yang berbeda pula. Namun bagaimana keduanya dapat memiliki bentuk yang sangat mirip? Hal ini terjadi karena pengaruh dari tempat hidup yang sama, yaitu daerah gurun yang miskin kandungan air. Walaupun kedua tumbuhan tersebut tidak berkerabat dekat, namun karena memiliki habitat yang sama, mereka mengalami evolusi (perubahan) secara perlahan-lahan hingga akhirnya saat ini bentuknya menjadi sangat mirip.

Evolusi Divergen

Evolusi divergen adalah munculnya individu yang memiliki bentuk morfologi berbeda walaupun berasal dari garis keturunan yang sama. Contoh yang mudah dipahami adalah Euphorbia echinus dan Euphorbia pulcherrima. Keduanya berasal dari garis keturunan yang sama namun memiliki bentuk morfologi yang sangat berbeda jauh.

Euphorbia echinus
Euphorbia echinus
Euphorbia pulcherrima
Euphorbia pulcherrima

E.echinus hidup di daerah gurun sehingga mengembangkan struktur duri dan akar yang panjang, sedangkan E.pulcherima hidup di tempat lembab sehingga tetap memiliki daun yang normal. Walaupun berasal dari garis keturunan yang sama, namun karena perbedaan tempat hidup akhirnya kedua jenis euporbia tersebut berkembang menjadi tumbuhan dengan bentuk yang jauh berbeda.

Lingkungan berpengaruh terhadap perubahan yang terjadi pada tubuh makhluk hidup, karena pada lingkungan itulah terjadi proses seleksi alam. Makhluk hidup yang sesuai dengan lingkungannya akan terus bertahan sedangkan yang tidak sesuai akan mengalami kepunahan.

0 komentar

Post a Comment