Tuesday, March 17, 2015

Kuliah di Semarang

Advertisement

Semarang merupakan salah satu kota tujuan kuliah terutama bagi siswa yang tinggal di kawasan Jawa Tengah. Siswa tertarik untuk kuliah di Semarang karena di kota ini banyak terdapat Universitas Negeri dan Swasta dengan kualitas yang baik dan memiliki nama besar. Kota ini memiliki 7 universitas negeri dan puluhan universitas swasta yang dapat menjadi pilihan kuliah bagi siswa.

Apabila membicarakan soal kuliah di Semarang, topik pembicaraan tidak akan lepas dari 2 universitas negeri ini, UNDIP dan UNNES. Mengapa UNDIP dan UNNES? Karena keduanya adalah universitas yang telah terakreditasi baik dan merupakan universitas berkualitas di Semarang. Setiap tahun ajaran baru ada puluhan ribu siswa yang saling berkompetisi untuk diterima kuliah di keduanya. Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang kedua universitas tersebut.

Universitas Diponegoro (UNDIP)
UNDIP merupakan universitas pertama yang dibangun di semarang dan menjadi universitas yang sangat diminati karena banyaknya jurusan yang tersedia. UNDIP merupakan universitas research semacam UGM dan UI, mereka menitikberatkan pendidikannya pada bidang-bidang ilmu murni. DI sini mahasiswa dapat belajar ilmu-ilmu murni seperti kedokteran, peternakan, biologi, fisika, ekonomi, sastra inggris dan masih banyak lagi.

Universitas Negeri Semarang (UNNES)
UNNES adalah pecahan kampus UNDIP yang akhirnya menjadi universitas sediri. UNNES dulunya adalah fakultas pendidikan dari UNDIP yang kemudian menjadi mandiri dan berubah menjadi IKIP negeri sebelum menjadi UNNES. Pendidikan yang diterapkan di UNNES menitikberatkan pada pendidikan guru. DI sini siswa dapat mengambil jurusan pendidikan biologi, pendidikan matematika, pendidikan bahasa inggris, pendidikan ekonomi, dan puluhan pendidikan guru lainnya. Walaupun menitikberatkan pada jurusan kependidikan, UNNES juga membuka kesempatan bagi siswa yang ingin belajar ilmu murni melaui prodi-prodi murni di dalamnya.

Banyak orang berkata bahwa UNDIP lebih bagus dari UNNES, namun menurut sebenarnya kedua Universitas ini tidak bisa dibandingkan secara langsung. Kenapa demikian? Karena fokus keduanya sangat berbeda, UNDIP fokus pada pengembangan ilmu murni sedangkan UNNES fokus pada pengembangan ilmu kependidikan (calon guru) sehingga keduanya memiliki niche yang berbeda dan tidak bisa disamakan begitu saja.

Apabila siswa ingin mempelajari di ilmu murni maka UNDIP adalah pilihan utama, namun apabila siswa ingin menjadi guru dan belajar ilmu-ilmu kependidikan maka UNNES adalah tujuannya. Keduanya merupakan universitas besar dengan spesialitas yang berbeda. Siapa yang ingin kuliah di Semarang harus fokus pada kedua universitas ini sebelum memilih universitas lain. Kualitas universitas lain di semarang masih di bawah kedua universitas di atas, jadi tidak heran apabila siswa menjadikan keduanya sebagai sasaran utama untuk kuliah di semarang.

Selain karena faktor universitasnya, semarang diminati calon mahasiswa karena biaya hidup di wilayah ini masih cukup murah bila dibandingkan dengan kota besar lain seperti Jakarta, Yogyakarta, ataupun Surabaya. Biaya kos, biaya makan, dan biaya lain-lain masih cukup murah dan terjangkau sehingga tidak memberatkan orang tua yang setiap bulan harus mengirmkan biaya hidup untuk anak-anaknya.

5 komentar:

  1. untuk biaya kos dan biaya hidup utk mahasiswa dlm sbulab kira2 brp ya? kalo dibandingin sama jogja lebih murah mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biaya kos satu tahun sekitar 1.5 hingga 2 juta
      Kalau anda bisa hidup dengan hemat, 600 ribu cukup untuk biaya hidup 1 bulan.

      Delete
  2. Mau tanya biaya kuliah di undip perkiraan di angka berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biaya kuliah di undip silahkan dapat di cek di alamat berikut
      http://www.undip.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=3124:penetapan-besaran-biaya-kuliah-universitas-diponegoro-tahun-2015&

      Delete
  3. Kalo mau yang murah disini to om ? https://www.youtube.com/watch?v=ydTBLurcL-8

    ReplyDelete