Wednesday, March 18, 2015

Kategori Status Hewan Berdasarkan IUCN

Advertisement

International Union for Conservation of Nature (IUCN) adalah organisasi internasional yang bergerak dalam konservasi sumber daya alam. IUCN beranggotakan banyak negara dan banyak organisasi untuk membantu gerakan-gerakan konservasi menjaga dan mendata sumber daya alam.

IUCN mengeluarkan redlist berisi data-data yang menunjukkan status konservasi suatu makhluk hidup yang berhubungan dengan populasi dan jumlahnya di alam. Dalam data ini terdapat berbagai kriteria makhluk hidup yang menunjukkan tingkat ancaman kepunahannya di alam.

IUCN mengklasifikasikan tingkat ancaman kepunahan terhadap hewan-hewan sebagai berikut.



Extinct (EX) = punah
Suatu spesies dikatakan punah apabila jenis hewan tersebut telah hilang total dan tidak ditemukan lagi baik di alam maupun di pemeliharaan. Status punah diberlakukan apabila berdasarkan hasil penelitian berkelanjutan menunjukkan bahwa hewan tersebut telah benar-benar tidak tersisa tanpa keraguan lagi.

Extinct in wild (EW) = punah di alam
Spesies yang hanya bertahan hidup di tempat pemeliharaan atau di lokasi penangkaran alami namun berada diluar habitatnya dahulu.

Critically endangered (CR) = kritis
Spesies yang jumlahnya di alam tinggal sangat sedikit < 50 hewan dewasa dan terancam kehilangan jumlahnya >50% dalam 5 tahun. Jenis ini menghadapi resiko punah di alam yang sangat tinggi.

Endangered (EN) = dalam bahaya
Jenis yang jumlahnya di alam hanya tinggal sedikit < 250 spesies dewasa dan terancam kehilangan jumlahnya >20% dalam 20 tahun.

Vulnerable (VU) = rawan/rentan
Jenis yang jumlahnya di alam hanya tinggal sedikit <1000 hewan dewasa dan terancam kehilangan jumlahnya >10% dalam 100 tahun.

Near threatened (NT) = nyaris terancam
Suatu jenis hewan diklasifikasikan dalam Near threatened (NT) apabila tidak termasuk dalam Critically endangered (CR), Endangered (EN), Vulnerable (VU) tetapi hampir memasuki salah satu kriteria tersebut.

Least concern (LC) = tidak perlu perhatian khusus
Suatu jenis hewan diklasifikasikan dalam Least concern (LC) apabila tidak termasuk dalam Critically endangered (CR), Endangered (EN), Vulnerable (VU), dan Near threatened (NT).

Data deficient (DD) = kurang data
Suatu jenis yang kekurangan data atau datanya tidak cukup untuk mengklasifikasikan tigkat kepunahan hewan tersebut.

Not evaluated (NE) = tidak dievaluasi
Suatu jenis yang belum dievaluasi jumlahnya di alam karena biasanya populasinya masih sangat berlimpah. 

0 komentar

Post a Comment