Monday, March 23, 2015

Jenis-Jenis Gerakan Tubuh Berdasarkan Arahnya

Advertisement


Gerakan tubuh manusia terjadi karena pengaruh dari kontraksi dan relaksasi otot. Berbagai macam otot yang menyusun tubuh manusia ujungnya melekat pada tulang sehingga dapat menggerakkan tulang tersebut. Berdasarkan arahnya, gerak-gerak anggota tubuh dapat dibedakan sebagai berikut.

No
Jenis gerakan
Arah gerakan
1
Abduksi
Menjauhi badan
2
Adduksi
Mendekati badan
3
Ekstensi
Meluruskan
4
Fleksi
Menekuk
5
Supinasi
Menengadahkan tangan
6
Pronasi
Menelungkupkan tangan
7
Depresi
Menurunkan
8
Elevasi
Mengangkat

Contoh gerak abduksi adalah gerakan tangan yang menjauh dari poros badan, misal ketika seseorang berperan menjadi seekor burung dan mengangkat tangannya seakan-akan menjadi sayap. Ketika tangan diangkat, tangan akan menjauhi poros tubuh. Sedangkan gerakan adduksi adalah kebalikan dari gerakan tersebut.

Gerak ekstensi misalnya terjadi ketika seseorang lelah duduk bersila kemudian duduk dengan meluruskan kakinya sehingga tidak tertekuk. Sedangkan fleksi terjadi ketika dia kembali bersila atau duduk dengan menekuk kakinya.

Supinasi dapat terjadi ketika seseorang meminta bantuan orang lain dengan menengadahkan telapak tangan, sedangkan pronasi adalah gerakan orang yang memberi dengan  menelungkupkan telapak tangannya.

Gerak depresi terjadi ketika seseorang menurunkan kotak dari atas almari, dan elevasi terjadi ketika orang tersebut mengembalikan kotak tersebut di atas almari seperti semula.

0 komentar

Post a Comment