Monday, March 16, 2015

Jenis-Jenis Cinenen (Ciblek) Asli Jawa

Advertisement

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan keragaman jenis burungnya. Lebih dari 1000 jenis burung dapat ditemukan di alam Indonesia yang begitu indah. Salah satu burung yang menarik perhatian karena suaranya yang indah adalah burung cinenen atau burung ciblek. Burung ini berukuran kecil sekitar 11 cm namun memiliki suara yang nyaring dan menarik.

Di Indonesia ada lebih dari 5 jenis cinenen yang dapat dijumpai, namun khusus untuk pulau Jawa hanya dapat dijumpai 4 jenis saja. Yang dimaksud dalam artikel ini adalah burung cinenen liar yang hidup di alam, bukan cinenen peliharaan yang bisa berasal dari mana saja.

Empat jenis cinenen yang dapat ditemuakan di Jawa adalah sebagai berikut.

Cinenen pisang
Cinenen pisang
Cinenen pisang
Cinenen pisang cukup umum di pulau jawa dan dapat dijumpai di sekitar tempat tinggal manusia. Cinenen pisang memiliki tubuh berwarna kehijauan dengan warna merah hanya pada atap kepalanya saja. Pada musim kawin ekor jantan akan lebih panjang dari betina dan warna perutnya menjadi lebih kekuningan.

Cinenen kelabu
Cinenen kelabu
Cinenen kelabu
Diberi nama cinenen kelabu karena warna tubuh burung ini mayoritas keabu-abuan. Tubuh bagian atas memiliki warna kelabu gelap, sedangkan bagian perutnya berwarna lebih terang. Selain itu mereka memiliki muka yang berwarna merah.

Cinenen jawa
Cinenen jawa
Cinenen jawa
Cinenen jawa memiliki ciri khas berupa kepala yang berwarna merah. Tubuh bagian atasnya berwarna kehijauan sedangkan perutnya berwarna kekuningan, selain itu terdapat garis hitam kecil pada ujung ekor. Cinenen ini dapat ditemukan di Jawa dan Bali.

Cinenen gunung
Cinenen gunung
Cinenen gunung
Cinenen ini memiliki kebiasaan hidup di dataran tinggi sehingga disebut cinenen gunung. Burung ini memiliki warna merah pada atap kepalanya. Tubuh bagian atas kehijauan sedangkan bagian perut dan tunggir (bawah ekor) berwarna kuning terang. Mereka memiliki alis putih yang jelas di atas matanya.

Cinenen dalam bahasa inggris disebut dengan nama tailor bird (burung penjahit). Mereka akan menjahit daun-daun dengan sarang laba-laba untuk membangun sarangnya. Sarang sering dijumpai pada ranting kecil yang terletak di pinggir sungai yang bersih.

0 komentar

Post a Comment