Tuesday, March 17, 2015

Jenis-Jenis Cica-Daun (Jalak hijau) di Indonesia

Advertisement

Cica –daun adalah burung-burung seukuran kutilang yang memiliki warna tubuh hijau sehingga sering disebut orang-orang lokal dengan nama cucak hijau. Burung-burung ini memiliki warna seperti daun sehingga dinamakan cica-daun. Mereka kerap bersembunyi di rimbunnya dun agar tidak mudah terlihat dan mengelabui pemangsanya.

Cica-daun merupakan burung penetap (tidak bermigrasi) yang mencari makan berupa buah dan serangga kecil. Mereka memiliki bulu yang halus dan suara yang indah. Burung ini akan membangun sarang yang berbentuk mangkuk pada pucuk-pucuk pohon yang tinggi atau di semak-semak yang rimbun. Meraka biasa hidup di lingkungan yang masih liar dan jauh dari aktivitas manusia.


Di Indonesia terdapat 5 jenis cica-daun yang dapat ditemukan hidup liar di Sumatera, Jawa, Bali, dan Kalimantan. Semua jenis cica-daun memiliki ciri berupa tubuh berwarna hijau dan si jantan memiliki muka dan tenggorokan kehitaman dengan garis biru. Keempat jenis cica-daun tersebut adalah sebagai berikut.

Cica-daun kecil (Chloropsis cyanopogon)

Cica daun kecil
Merupakan cica-daun yang berukuran kecil dengan ciri khas tidak adanya warna biru pada bahunya. Jantan memiliki muka dan tenggorokan hitam bergaris biru, sedangkan betina memiliki garis biru di belakang paruhnya.





Cica-daun besar (Chloropsis sonnerati)

Cica daun besar
Jenis ini memiliki pola warna yang hampir sama dengan cica-daun kecil, hanya saja pada bahunya terdapat warna biru. Selain itu betina dari jenis ini memiliki tenggorokan yang berwarna kuning dengan garis biru di belakang paruhnya.





Cica-daun dahi emas (Chloropsis aurifrons)

Cica daun dahi emas
Burung ini memiliki ciri khusus berupa warna kuning leemasan pada dahi si jantan. Sedangkan betinanya mirip dengan cica-daun kecil hanya dengan tambahan bahu yang berwarna biru.





Cica-daun sayap biru (Chloropsis cochinchinensis)

Cica daun sayap biru
Jenis ini memiliki sayap dan ekor yang berwarna kebiruan. Terdapat beberapa ras yang berbeda, ada yang berkepala kuning, berdada kuning, dan tanpa warna kuning sama sekali.



Cica-daun sumatera (Chloropsis venusta)

Cica daun sumatera
Cica daun berukuran kecil yang memiliki muka berwarna kebiruan. Jantan memiliki muka keunguan dengan garis biru dan berdada kuning, sedangkan muka betina berwarna biru dengan dada kuning. 

0 komentar

Post a Comment