Saturday, March 14, 2015

Elang Ular Bido, Elang Paling Berisik

Advertisement

Elang ular bido dengan ciri khas garis putih
di bawah sayap dan ekor.
Elang Ular Bido (Spilornis chela) adalah jenis elang yang banyak terdapat di Indonesia. Elang adalah burung pemangsa yang memiliki cakar dan paruh tajam yang digunakan untuk mengoyak mangsanya. Dari berpuluh-puluh jenis elang yang terdapat di Indonesia, elang ular bido merupakan elang yang paling berisik.

Elang ini sering sekali mengeluakan suara panggilan yang nyaring saat melayang di angkasa. Suara panggilan ini bisa bertujuan untuk menarik pasangan kawinnya atau untuk menandai daerah kekuasaan. Mereka senang terbang melayang berputar-putar di udara dengan sesekali mengepakkan sayap ketika mencari mangsanya.

Elang ular bido biasanya akan aktif terbang dan mencari mangsa ketika hari telah mulai siang. Mereka memanfaatkan suhu udara yang panas untuk membantunya melayang-layang di udara. Dengan memanfaatkan tekanan udara panas ini, mereka menjadi lebih jarang mengepakkan sayap dan akibatnya lebih hemat dalam penggunaan energi.

Elang ular bido merupakan pemangsa burung-burung kecil dan hewan-hewan lain seperti ular dan tikus. Walaupun mereka suka bersuara saat terbang, mereka cenderung lebih tenang apabila sedang mengintai dan mencari mangsa. Apabila mereka bersuara tentu saja mangsanya akan tahu tentang kehadirannya dan akan segera pergi berlindung.

Elang ini termasuk elang yang cukup umum dan tidak terlalu sulit dijumpai. Namun perburuan terhadap elang ini mejadikan jumlahnya di alam menurun drastis dan dapat menjadi langka dan punah suatu hari nanti. Elang yang berukuran besar ini digemari sebagai hewan peliharaan eksotis karena memberikan nilai prestis bagi pemiliknya.

0 komentar

Post a Comment