Friday, March 20, 2015

Burung Kacamata (Pleci) yang sedang Naik Daun

Advertisement

Burung kacamata atau disebut pleci adalah burung kecil berwarna kuning yang lincah dan bersuara indah. Burung ini disebut kacamata karena memang memiliki lingkaran putih di sekeliling matanya yang mirip dengan kacamata manusia. Tubuh atasnya berwarna kuning agak hijau lumut sedangkan badan bawahnya kuning terang.



Di alam burung ini biasanya beraktivitas dalam kelompok, terbang kesana-kemari bersama rombongan yang terdiri atas puluhan individu. Mereka sangat lincah dalam bergerak dan sering berpindah-pindah pohon untuk mencari buah-buah kecil, bunga, dan serangga sebagai makannya. Burung lincah ini ternyata juga memiliki suara yang nyaring dan indah sehingga banyak orang yang memeliharanya sebagai hewan peliharaan.

Harganya yang tidak begitu mahal, tidak sampai berjuta-juta, menjadikan penggemar burung senang memeliharanya untuk penghias rumah ataupun sebagai master burung lain. Ukurannya yang kecil menjadikan burung ini tidak terlalu banyak makan dan disukai untuk dipelihara. Semakin maraknya orang-orang ingin memelihara kacamata, menjadikan perburuan untuk burung ini gencar sekali dilakukan.

Orang-orang dari berbagai daerah berlomba-lomba mencari sarang burung kacamata yang biasanya terbuat dari rumput-rumput kecil dipohon yang tinggi, untuk diambil anakannya dan dipelihara. Bahkan ada cara yang lebih berbahaya dengan cara memasang jaring agar burung yang sedang terbang dapat terjerat dan terjebak jaring. Penangkapan burung ini tentu saja menjadikan jumlah kacamata di alam semakin sedikit hari demi hari.

Para hobiis burung harusnya sadar akan kelestarian lingkungan dengan cara tidak menangkap hewan-hewan liar dan lebih berupaya untuk mengembangbiakkanya. Belum ada peternak yang berusaha untuk mengembangbiakkan kacamata dan semuanya masih mengandalkan tangkapan alam. Diharapkan muncul banyak hobiis burung yang semakin sadar bahwa hewan-hewan yang ada saat ini bukan hanya milik kita tapi juga milik anak cucu kita, sehingga mulai menghentikan perburuan liar dan lebih berusaha untuk melakukan penangkaran.

0 komentar

Post a Comment