Tuesday, February 17, 2015

Jalan Buluh Serbuk Sari Menuju Bakal Biji

Advertisement

Buluh serbuk sari merupakan saluran masuknya inti sel serbuk sari menuju bakal biji (ovulum). Buluh serbuk sari terbentuk dari perkembangan serbuk sari yang menempel pada putik. Buluh serbuk sari tumbuh dengan nutrisi yang berasal dari jaringan putik. Berdasarkan arah masuknya, terdapat 3 tipe cara masuknya buluh serbuk sari.

porogamy, chalazogamy, mesogamy
A. Porogamy    B. Chalazogamy   C. Mesogamy

  • Porogamy adalah keadaan dimana buluh serbuk sari masuk menuju bakal biji melalui bagian porosit. Porosit adalah bagian sempit yang terletak di bawah bakal biji tersebut.
  • Chalazogamy adalah keadaan dimana buluh serbuk sari masuk menuju bakal biji melalui bagian khalaza. Khalaza adalah jaringan di bagian atas dari bakal biji.
  • Mesogamy adalah keadaan dimana buluh serbuk sari masuk menuju bakal biji melalui bagian samping dari bakal biji, baik dari bagian samping kiri ataupun samping kanan.

Arah tumbuhnya buluh serbuk sari ditentukan dari jarak yang akan ditempuhnya. Buluh serbuk sari akan selalu memilih jarak yang paling dekat untuk tumbuh menuju bakal biji. Buluh serbuk sari dapat tumbuh melewati bagian manapun dengan tujuan secepat-cepatnya mencapai bakal biji agar pembuahan dapat segera terjadi. 

0 komentar

Post a Comment