Saturday, February 28, 2015

Cinenen Pisang (Orthotomus sutorius)

Advertisement

Cinenen pisang atau biasa disebut ciblek pisang adalah burung berukuran kecil yang cerewet dan lincah. Burung ini memiliki atap kepala berwarna kemerahan, punggung dan sayap berwarna kehijauan, serta dada dan perut putih kelabu. Burung ini memiliki perbedaan morfologi antara si jantan dan betinanya.

cinenen pisang



Burung jantan memiliki ekor yang lebih panjang dibandingkan dengan betinanya. Si jantan sering menggerak-gerakkan bulu ekornya saat sedang berkicau riang. Walaupun ukurannya kecil, burung ini memiliki suara yang nyaring dan bervariasi.

Mereka akan membangun sarang yang terbuat dari daun-daun yang dilekatkan dengan sarang laba-laba. Sarang akan menggantung pada dahan yang cukup terlindungi sehingga aman dari gangguan hewan pengganggu. Betina akan bertelur 3 hingga 4 ekor dalam sekali kawin, dan kedua induk akan merawat anaknya bersama-sama.

Cinenen pisang adalah pemakan serangga-serangga kecil seperti ulat dan laba-laba. Ras yang ditemukan di pulau Jawa memiliki bercak kehitaman yang terdapat di lehernya. 

0 komentar

Post a Comment