Sunday, January 4, 2015

Struktur Kloroplas

Advertisement

Proses fotosintesis tidak dapat berlangsung tanpa adanya kloroplas, organel tempat terjadinya fotosintesis. Dalam kloroplas ini terdapat pigmen klorofil yang berfungsi untuk menangkap energi cahaya matahari sebagai energi penggerak fotosintesis. Kloroplas dimiliki oleh organisme autotrof (mampu membuat makanan sendiri) dan merupakan organel yang membuat daun memiliki warna hijau.

Kloroplas banyak terdapat pada daun, batang muda dan buah yang masih muda. Pada daun kloroplas melimpah pada jaringan parenkim palisade, dan terdapat juga pada jaringan parenkim spoon (bunga karang) dan sel penutup stomata.  Berikut adalah struktur penampang melintang daun yang memperlihatkan letak masing-masing jaringan.

struktur daun dikotil

Kloroplas memiliki dua lapis membran yang masing-masing terbentuk dari fosfolipid bilayer. Membran dalam kloroplas akan melipat-lipat dan dan membentuk kantong yang disebut tilakoid. Tilakoid tersebut akan menumpuk-numpuk membentuk kolom yang selanjutnya disebut grana (tunggal: granum). Pada membran tilakoid inilah terletak klorofil (zat hijau daun) yang berperan menangkap cahaya matahari. Ruang-ruang diantara grana disebut sebagai stroma, di ruang ini berisi cairan yang juga berfungsi dalam reaksi fotosintesis.

struktur kloroplas

Reaksi fotosintesis terjadi dalam dua proses yaitu, reaksi terang dan reaksi gelap. Reaksi terang berlangsung di grana sedangkan reaksi gelap terjadi di stroma. Reaksi terang akan memecah molekul air menghasilkan oksigen sedangkan reaksi gelap akan menggunakan karbon dioksida sebagai bahan baku karbohidrat.

2 komentar: